BERITAKATEKESETeladan Kita

Santo Michael Garicoïts : 14 Mei

MICHAEL Garicoïts merupakan seorang pemuda yang tinggal di dekat perbatasan Perancis – Spanyol. Ia dilahirkan pada 15 April 1797, Keluarganya merupakan Katolik yang taat dan setia, meskipun selama Revolusi Perancis terjadi penganiayaan yang keji namun Ayahnya tetap kokoh mempertahankan imannya. 

Santo Michael Garicoïts (hidupkatolik.com)

Michel yang saat itu beranjak dewasa terpaksa harus bekerja di sebuah pertanian di Oneix untuk membantu kedua orang tuanya, suatu ketika ada perayaan Gereja yang dilangsungkan di tempat ia bekerja, disana ia terpesona melihat para imam memberikan Komuni Pertama. Kemudian ia memutuskan pulang ke desanya untuk meminta restu menjadi Seorang Imam kepada kedua orang tuanya. Neneknya mendengar keinginannya itu, lalu pergi kepada Pastor Paroki dan berhasil meyakinkannya untuk mendaftarkan Michael ke Seminari.

Sebagai pelajar ia  giat membaca bahkan hingga larut malam, dengan bekerja membantu juru masak di dapur biara dan di keuskupan ia membayar biaya pendidikannya. Perjuangannya tak sia-sia, ia berhasil menamatkan studinya dengan nilai yang sangat memuaskan dan menerima tahbisan Imam pada tanggal 20 Desember 1823.

Pada tahun 1838, pater Michael mendirikan sebuah konggregasi religius yang diberi nama Konggregasi Hati Kudus Yesus Betharram. Hidupnya dan para imam lainnya di konggregasi ini mendedikasikan hidupnya kepada Hati Kudus Yesus dan berkarya penuh bagi misi penginjilan dan pendidikan bagi kaum muda. Hingga akhirnya menutup mata menghadap kerahiman Allah pada tahun 1863 di Bétharram Perancis.

(katakombe.org)

Inspirasimu : Santa Gemma: 13 Mei

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
error: Content is protected !!
Close