KATEKESETeladan Kita

Santo Sava : 16 Mei

SAVA merupakan seorang Pangeran Rastko Nemanjić, ia lahir sekitar tahun 1169 atau tahun 1174. Ketika berusia 17 tahun, pergi meninggalkan istana ayahnya dan menjalani kehidupan sebagai biarawan di sebuah biara di Gunung Athos, Yunani. Setelah menerima tahbisan menjadi seorang biarawan, menggunakan nama biara Sava atau Sabbas.

Santo Sava/Ilustrasi

Pada waktu itu, dalam hal pendidikan dan semangat penghayatan iman rakyat Serbia sangat tertinggal, kemudian ia mendirikan biara-biara di sekitar rumah penduduk agar mudah dijangkau umat sehingga para Biarawan lebih mudah mengunjungi umat, dan berkarya diantara mereka. Pada tahun 1219, ia ditahbiskan menjadi Uskup Agung Serbia, pada masa pemerintahannya ia sungguh bekerja keras untuk memperbaharui gereja dan mengembangkan iman umat.

Uskup Agung Sava pensiun dan mengundurkan diri dari jabatannya pada tahun 1234. Ia kembali melakukan perjalanan ziarah ke Yerusalem. Kali ini ia berziarah sebagai seorang biarawan pertapa, bukan lagi sebagai seorang uskup agung. Dalam perjalanan kembali ke Serbia, Sava jatuh sakit dan meninggal dunia pada tanggal 27 Januari 1236 di Tarnovo, Bulgaria. Saat ini pemerintah Serbia telah membangun sebuah Katedral yang megah di situs tempat relikwi santo Sava dimusnahkan. Katedral yang bernama Gereja Katedral Santo Sava, adalah sebuah gereja  terbesar di Eropa Selatan.

(katakombe.org)

Inspirasimu: Santa Cesarea : 15 Mei

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close