KATEKESETeladan Kita

Santo Emilianus I dari Vercelli : 17 Mei

EMILIANUS merupakan uskup generasi kesebelas dari keuskupan agung Vercelli, ia hidup sekitar pertengahan abad kelima. Seorang pertapa yang menghabiskan empat puluh tahun masa hidupnya dan berhasil mendirikan sebuah biara di dekat kota Sostegno, Italia.

Santo Emilianus I dari Vercelli / Ilustrasi

Antara 493 dan 497, menerima tahbisan sebagai uskup. Dia bekerja di masa-masa sulit, sebagai penerus yang layak bagi St. Eusebius. Meskipun saat itu berbagai perang terjadi, tak membuatnya putus asa untuk berjuang menguatkan iman para penduduk yang masih tinggal dan berusaha mempertahankan kota. milianus berusaha untuk meyakinkan Raja Theodoric agar tetap mau bekerja sama dengannya mengusahakan pembangunan  koeksistensi damai dengan pengurangan pajak dan pembebasan banyak budak. Serta berusaha melakukan yang terbaik untuk meningkatkan hubungan antara gereja Roma dan gereja Konstantinopel. Emiliano dikenal sebagai gembala baik pembimbing spiritual umat yang luar biasa.

Karyanya harus terhenti pada sekitar tahun 506, ia meninggal menghadap kerahiman Allah dan dimakamkan di Katedral. Kultusnya tetap hidup dihormati, pada tahun 1572 didirikan kapel Vergine dello Schiaffo sebagai tempat suci kuno yang didedikasikan untuknya.

(santiebeatie.it)

Inspirasimu : Santo Sava : 16 Mei

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close