BERITA

WKRI Santo Yosep Dekai Apresiasi Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Bagi Umat Paroki Dekai

MIRIFICA.Net – Dekai, Ibukota Kabupaten Yahukimo merupakan salah satu wilayah yang rentan terhadap penyebaran penyakit malaria dengan jumlah pasien malaria lebih banyak dibandingkan jenis penyakit lainnya, hal ini ditandai dengan jumlah pasien  Malaria lebih banyak dibandingkan penyakit lainnya. menyadari hal tetsebut, Bertempat di gereja Katolik St. Yosep, Dekai, Yahukimo, Papua, Minggu 19 Mei 2019 dilaksanakan penyuluhan penyakit malaria oleh dr. Antonius Priyohartono, S. PD yang diikuti umat Katolik Santo Yosep Dekai. Ini merupakan salah satu program kerja tahun Wanita Katolik Santo Yosep Dekai tahun 2019 Bidang Kesehatan n kesejahtraan.

Dalam pemaparannya Priyo menyebukan bahwa Provinsi Papua memiliki resiko tinggi penyebaran penyakit malaria dibanding daerah lainnya di Indonesia dan jenis malaria plasmodium falciparum (malaria tropika) dan Plasmodium vivax (malaria tersiana) merupakan penyakit malaria yang sering terjadi di Dekai, Yahukimo, untuk itu pentingx menjaga kebersihan lingkungan hidup serta menjaga pola hidup sehat untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Sementara itu, Ketua Wanita Katolik Santo Yosep Dekai, Ibu Yuspina Tandipada mengapresiasi kepada koordinator bidang Kesehatan dan kesejahtraan dr. Ocha atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Tandipada berharap agar kegiatan penyulusan kesehatan seperti itu terus dilaksanakan sehingga pengetahuan  umat Katolik di Dekai mengenai gejala, pencegahana dan pengobatan penyakit malaria semakin luas.

Perlu diketahui, program kerja WK Santo Yosep Dekai bidang kesehatan dan kesejahtraan tahun 2019 yang sudah dilaksanakan antara lain pentingnya imunisasi anak, pengobatan gigi gratis, donor darah serta penyuluhan pebyakit malaria.(Dyonisius Ndawang)

John L. Wujon

Staf Sekjen KWI. Mantan staf Komisi KOMSOS KWI (2015-1 Mei 2019?

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close