KATEKESETeladan Kita

Santo Desiderius Langers : 23 Mei

DESIDERIUS hidup di Abad ke-4,berasal dari Genoa, Italia. Berkat dari Tuhan mengalir dalam hidupnya hingga dirinya dipercaya untuk mengembalakan umat sebagai seorang Uskup Langres, Perancis. Uskup yang sangat memperhatikan umatnya dengan kasih dan kemurahan hati.

Santo Desiderius Langers / Ilustrasi

Ia merasa iba saat melihat umat yang dikasihinya mengalami penindasan karena Iman yang mereka pertahankan, segera ia menemui Kaisar Romawi yakni Kaisar Kontans yang memimpin pemerintahan saat itu. Ia menyatakan dukungan bagi konsili Serdica yang digelar pada tahun 343, demi mencari penyelesaian kontroversi ajaran Arianisme. Namun kemalangan menimpanya saat itu, ketika mencoba bernegosiasi demi memperjuangkan keselamatan umatnya, sang Uskup yang kudus ini justru tewas dibunuh oleh penguasa Vandal (yang adalah penganut bidaah Arianisme). Makamnya disimpan di sebuah biara Benediktin di pusat kota

Dinobatkan sebagai Santo pelindung kota Langers, peringatan akan namanya dikenang setiap 23 Mei. Umat di kota Langers pun turut memberikan penghormatan khusus baginya setiap 19 Januari. Kultusnya menyebar tidak hanya di Prancis, tetapi juga di Italia, Swiss, Jerman.

(santiebeati.it & katakombe.org)

Inspirasimu : Santa Rita dari Cascia : 22 Mei

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close