BERITAPEKAN KOMSOS
Trending

Rekomendasi Seminar Nasional PKSN_KWI 2019 Makassar: “Teman Makassar”

SEMINAR Nasional “Memperkokoh NKRI melalui Media Digital” digelar di Keuskupan Agung Makassar, Senin, 27/5. Seminar dalam rangka Pekan Komunikasi Sosial Nasional (PKSN) ke-6 ini menghasilkan tiga prinsip dan delapan rekomendasi, yang disebut “TEMAN MAKASSAR”.

Seminar sehari ini dihadiri sekitar 700-an peserta yang mayoritas adalah generasi milenial dan utusan Komsos dari 23 keuskupan di Indonesia.

Prinsip “TEMAN”
Adapun tiga prinsip dasar yang diangkat adalah TEMAN, yaitu Teknologi (Media Digital), Manusia (Spiritualitas), dan NKRI (Kebangsaan).

Hubungan Teknologi dan Manusia adalah teknologi berkembang sedemikian cepatnya; manusia dihadapkan pada berbegai pilihan hidup; tidak semua fitur teknologi baik bagi moral kemanusiaan; pilih dan gunakan yang mengedepankan martabat.
Sementara itu, hubungan Teknologi dan NKRI adalah kemajuan teknologi adalah sebuah keniscayaan; peluang dan tantangannya begitu besar bagi NKRI; pergunakanlah konsep industri revolusi 4.0 untuk membangun bangsa; dan penerapan yang tepat akan mendatangkan manfaat nyata.
Dan, hubungan Manusia dan NKRI yaitu kita hidup bersama dalam negara bangsa yang indah; susah senang ditentukan oleh perilaku masyarakatnya; hindari hoaks dan sebarkan banyak Kabar Sukacita; dan niscaya Indonesia akan menjadi negara besar dunia.

Rekomendasi “MAKASSAR”

  1. Manfaatkan media digital sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan kemanusiaan.
  2. Arahkan pemanfaatan media digital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui laku ekonomi.
  3. Kurangi kegiatan nonproduktif dalam ekosistem media digital untuk menghindari hal-hal negatif yang tak diinginkan.
  4. Ajak orang lain sebanyak-banyaknya untuk memberitakan Kabar Baik melalui media digital.
  5. Sebarkan pengetahuan serta teknik memilah dan memilih konten media digital yang baik dan bermanfaat.
  6. Sampaikan bahaya dan dampak negatif menggunakan media digital secara tidak bijak–di masa kini dan bagi kehidupan mendatang.
  7. Asahlah kemampuan literasi media digital dengan cara terus-menerus belajar tanpa henti.
  8. Rebutlah hati masyarakat komunitas media digital dengan cara membuat konten yang positif dan menarik untuk disimak.

Patut diyakini sebagai orang beriman bahwa media digital dihadiahkan Tuhan untuk milenial. Dalam seminar ini, media digital diartikan sebagai singkatan dari MEmang DIA DIciptakan baGI komuniTas mileniAL.
Pada momen kaum muda kali ini, panitia seminar nasional secara simbolis menyerahkan tongkat estafet kepada generasi milenial untuk menjaga keutuhan NKRI dengan memanfaatkan media digital.

(RBE)

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close