BERITAPEKAN KOMSOS
Trending

Ubah Komunitas Jejaring Medsos Jadi Komunitas Insani

SUASANA Katedral Keuskupan Agung Makassar tampak beda. Minggu sore, 26/5, Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia (Sekjen KWI), Mgr. Anton Subianto Bunjamin, OSC menjadi selebran utama dalam Ekaristi. Uskup Bandung itu memimpin Misa Pembukaan Pekan Komunikasi Sosial Nasional (PKSN), yang diselenggarakan mulai Minggu, 26/5 hingga Minggu, 2/6, di Keuskupan Agung Makassar (KAMS).

Dalam Ekaristi Pembukaan PKSN itu, tampak belasan imam juga ikut berkonselebrasi. Sebagian besar adalah utusan Komisi Komsos dari berbagai keuskupan di Indonesia. Sebanyak 23 dari 37 keuskupan yang ada di Indonesia mengirimkan utusannya untuk berpartisipasi dalam PKSN tahun ini. Mereka bergabung untuk merayakan sukacita communicatio intra ecclesia bersama Gereja di KAMS.

Dalam khotbahnya, Mgr. Anton menggarisbawahi tentang semangat persaudaraan sejati. Dalam persaudaraan, tentu tidak ada berita bohong, saling menipu, dusta kepada sesama, berita palsu, hate speech, dan saling merugikan satu sama lain. Justru sebaliknya, persaudaraan tersebut mestinya membawa orang semakin berkembang menuju kedewasaan manusiawi dan iman.

PKSN KWI 2019
Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC pada Misa Pembukaan PKSN KWI 2019 di Makassar, Minggu (26/5).

Menegaskan pesan Paus Fransiskus dalam Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-53, Mgr. Anton mengajak semua umat beriman untuk menggunakan teknologi dan sarana komunikasi secara bijak. Melalui Komsos, diharapkan teknologi dan sarana komunikasi menjadi jaringan yang saling merekatkan satu sama lain, yaitu mengejawantahkan perintah Allah untuk saling mengasihi.

Selain itu, kesadaran umat bahwa masing-masing memiliki potensi untuk menjadi bagian dalam persekutuan Gereja, merupakan embrio kasih yang harus dijaga. Mereka diarahkan untuk berpartisipasi aktif karena kesadaran bahwa masing-masing adalah anggota yang tak terpisahkan satu sama lain. “Kita sebenarnya bisa membawa komunitas jejaring media sosial menjadi komunitas insani yang dihidupi oleh nilai-nilai kristiani,” tegas Mgr. Anton.

PKSN kali ini mengusung tema “Kita Adalah Sesama Anggota: Berawal dari Komunitas Jejaring Sosial menuju Komunitas Insani”. Inspirasi tema ini diambil dari Surat Santo Paulus kepada Jemaat di Efesus 4: 25.

Selama seminggu, berbagai rangkaian kegiatan akan digelar, seperti Seminar Nasional yang menjadi buah kerja sama Komisi Komsos KWI dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), berbagai lomba untuk anak-anak hingga dewasa, dan aneka workshop seputar media. (RBE)

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close