KATEKESETeladan Kita

Santo Sirilus : 27 Juni

SIRILUS merupakan keponakan dari seorang uskup agung Aleksandria bernama Teofilus. Ia dilahirkan di Alexandria Mesir. Ketika pamannya wafat pada tahun 412, Sirilus diangkat menggantikannya. Cintanya yang membara, ia persembahkan bagi Yesus dan Gereja. Banyak orang tidak menyukainya karena sikapnya sebagai seorang yang jujur, berterus terang dan tegas namun ia tidak peduli jika hanya sedikit yang menyukainya. Baginya yang terpenting adalah tetap mewartakan dan mempertahankan iman Gereja dari ajaran-ajaran sesat dengan gagah berani.

Perangainya ini pastilah membuatnya menderita. Walau demikian, umat Kristiani patut berterima kasih kepadanya atas banyak kecakapannya yang mengagumkan. Sebagai misal, ia dengan tidak gentar membela Gereja dan membela apa yang ia yakini sebagai benar.

wikiwand.com
St Sirilus adalah wakil Paus St Selestine I dalam Konsili Efesus pada tahun 431. Konsili ini merupakan sidang resmi Gereja yang melibatkan lebih dari duaratus uskup. Mereka memeriksa ajaran-ajaran seorang imam bernama Nestorius. Konsili menerangkan dengan jelas bahwa Nestorius salah dalam beberapa kebenaran penting yang kita yakini. Paus memberinya waktu sepuluh hari untuk berjanji bahwa ia tidak akan mewartakan ajaran-ajarannya sendiri yang salah. Tetapi Nestorius tidak mau. Konsili menjelaskan kepada umat Allah bahwa kita tidak dapat menerima ajaran-ajaran sesat. Para uskup begitu jelas menerangkan hingga ajaran-ajaran sesat ini tidak pernah lagi menjadi ancaman besar bagi Gereja.
Umat sangat berterima kasih kepada St Sirilus dari Alexandria yang telah memimpin jalannya Konsili. Pada akhirnya Nestorius dengan diam-diam pulang kembali ke biaranya dan tidak lagi membingungkan umat. Sirilus kembali juga ke keuskupan agungnya dan bekerja keras demi Gereja hingga ia wafat pada tahun 444. Paus Leo XIII memaklumkan St Sirilus sebagai Pujangga Gereja pada tahun 1883.

Sumber : yesaya.indocell.net

Inspirasimu : Santo Pelagius : 26 Juni

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close