KATEKESETeladan Kita

Santo Willibaldus : 07 Juni

WILLIBALDUS berasal dari keluarga aristokrat Inggris yang kudus. Ia adalah putra Santo Richard (Santo Richard Peziarah) dan saudara dari Santa Walburga serta Santo Winebald. Seorang pamannya juga menjadi seorang kudus; yaitu Santo Bonifasius, Uskup dan rasul bangsa Jerman.

Willibaldus lahir pada tanggal 21 Oktober 700 di Wessex, Inggris. Pada usia tiga tahun, ia menderita sakit parah yang membuatnya sekarat dan hampir mati. Kedua orang tuanya kemudian berdoa memohon kesembuhannya dan berkaul jika ia terhindar dari kematian, hidupnya akan dipersembahkan kepada Tuhan. Willibaldus kemudian secara ajaib bangkit kembali dan sembuh. Dua tahun kemudian ia diantar kedua orang tuanya masuk biara Benediktin Waltham, di Hampshire, Inggris.

katakombe.org

Pada tahun 739, bersamaan dengan kunjungannya ke biara Monte Cassino dengan Santo Petronax. Paus Gregorius III memanggil Willibaldus untuk menghadiri sebuah audiensi pribadi. Beliau ingin mendengar langsung kisah perjalanan ziarah yang luar biasa dari biarawan Inggris tersebut. Setelah audiensi, paus mengatakan pada Willibaldus bahwa Takhta Suci telah menerima khabar gembira dari pamannya Bonifasius di Jerman. Rasul bangsa Jerman tersebut mengabarkan bahwa iman Kristiani telah berkembang dengan pesat di Jerman. Bonifasius kini membutuhkan banyak imam dan biarawan demi membimbing umat diJerman. Paus lalu meminta kesediaan Willibaldus untuk diutus menjadi missionaris ke sana.

Willibaldus tiba di Jerman pada tahun 740 (kemungkinan besar ia tiba bersama saudaranya Winebald, walau ada sumber lain yang menyatakan bahwa Santo Willibaldus baru bertemu lagi dengan Santo Winebald pada tahun 742 di Thuringia). Bersama Santo Bonifasius, mereka berkarya mendirikan biara dan Gereja di wilayah yang baru menerima iman Kristiani ini. Ditahun itu juga Willibaldus bersama Winebald  mendirikan sebuah biara Benediktin di Heidenheim.  Santo Winebald kemudian menjadi abbas biara yang pertama dan Santa Wilburga menjadi Abbases selanjutnya.

Ketika Keuskupan Eichstätt terbentuk pada tahun 745, Willibaldus ditunjuk menjadi uskup yang pertama. Ia menjabat pemimpin para gembala di wilayah Bavaria ini selama lebih dari empat dekade, sampai saat ia tutup usia pada tanggal 7 Juli 781.  Jenazah Uskup Willibaldus dimakamkan dalam Kathedral keuskupan Eichstätt yang kini di kenal dengan nama The Cathedral of Our Lady, St.Willibaldus and St.Salvator of Horta di Eichstätt Jerman. 

Sumber: Katakombe.org

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close