BERITA
Trending

Kegembiraan dan Pembaharuan Semangat Misioner Katekis Menyambut 100 Tahun Maximum Illud

MIRIFICA.NET – 80 Katekis dari 37 Keuskupan di Indonesia hadir Bersama 6 penghubung Komisi Kateketik tiap-tiap Regio dalam Pertemuan Nasional IV Katekis di Hotel Sun Island, Kuta-Bali. 4 hari penuh rahmat; 26-29 Agustus 2019, para katekis se-Indonesia ini saling berbagi pengalaman suka-duka dalam bermisi sebagai katekis.  Ketua Komisi Kateketik KWI, Mgr. Paulinus Yan Olla, MSF bersama Sekretaris Eksekutif Komkat KWI,  RD. Fransiskus Emanuel Da Santo serta staff hadir untuk meneguhkan dan berefleksi bersama para katekis.

Dokpri: Blasius Manuk

Pertemuan Nasional IV para katekis ini diawali dengan misa pembuka yang dipimpin oleh Mgr. Silvester San (Uskup Denpasar) didampingi Mgr. Edmund Woga, CSSR, Uskup Keuskupan Weetebula. Sesudah Misa Pembukaan Para Katekis menggelar pelbagai acara yang lebih banyak diwarnai oleh saling berbagi pengalaman suka-duka bermisi di Keuskupan masing-masing, sambil dibekali oleh para narasumber yang diundang oleh panitia. Proses pertemuan memakai pola 3M: melihat, menimbang dan memutuskan; menyangkut pengalaman bermisi, tantangan dan cara mengatasi.

Dokpri: Blasius Manuk

Mgr. Paulinus Yan Olla, Mgr. Edmund Woga dan Didiek Dwinarmiyadi diminta panitia untuk membekali para katekis tentang dokumen Maximum Illud, spiritualitas katekis, dan menjadi katekis yang berkompeten di Era Milenial. Proses pertemuan nasional menghantar para katekis untuk membaharui semangat dan komitment bermisi sesudah memperhatikan tantangan dan tuntutan zaman “now”, dan menimba inspirasi teologis-biblis. Mereka berkomitment untuk meningkatkan kualitas diri (ilmu dan ketrampilan yang handal); menjadi teladan hidup sebagai media utama dalam berkatekese; dan menjadi pelopor peradaban kasih secara inklusif, transformatif inovatif dan edukatif melalui hidup yang menjadi berkat bagi umat dan masyarakat.

Para katekis juga menyepakati beberapa gerakan bersama untuk mendorong dan mendukung komitmen di atas antara lain: membentuk paguyuban katekis, membuat modul katekese  kontekstual, mengembangkan katekese patriotik-kebangsaan, kaderisasi dan pelatihan/workshop katekis, menjalin persaudaraan lintas  agama, mengembangkan pastoral berbasis data, mengembangkan katekese digital dan kerjasama lintas komisi dan pihak terkait dalam menangani katekese anak.

Kagiatan Pernas IV Katekis ini ditutup dengan misa kudus yang dipimpin oleh Mgr. Paulinus Yan Olla, sekaligus mengutus para Katekis ke Keuskupan masing-masing dan menutup seluruh rangkaian acara secara resmi. (Blasius Manuk-Sekretaris Komkat Keuskupan Denpasar).

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Silakan share link berita ini
Close