KATEKESETeladan Kita

Santa Notburga : 14 September

NOTBURGA adalah seorang kudus yang berasal dari Austria.  Ia lahir pada tahun 1265 di sebuah kota kecil, Rattenberg. Ia bekerja sebagai seorang pelayan dan seorang juru masak dalam rumah tangga Count Henry dari Rattenberg. Walau hanya seorang pelayan, namun Notburga memiliki hati yang kudus dan sangat peduli pada masyarakat disekitarnya, khususnya bagi para fakir miskin. Setiap hari ia biasa membagi-bagikan sisa makanan dari rumah majikannya kepada orang-orang miskin.

Ilustrasi : praedica.de

Suatu hari, Ottilia, istri Count Henry, memerintahkan Notburga untuk memberikan semua makanan yang tersisa kepada babi-babi piaraan mereka.  Notburga sedih, karena ia tidak lagi memiliki makanan untuk dapat dibagikan kepada para fakir miskin. Karena itu ia  lalu menyisakan sebagian dari jatah makanannya sendiri, dan membagikannya kepada mereka. Hal ini terus dilakukan Notburga sepanjang hidupnya.  Suatu hari Ottila menemukannya sedang memberi makan para fakir miskin, karena itu ia lalu dipecat.  Namun, setelah Ottilia meninggal, Count Henry memanggilnya kembali. Dan Notburga lalu menghabiskan sisa hidupnya sebagai pelayan di rumah Count Henry of Rattenberg.

Setelah kematiannya; karya amal dan kesucian hidup Santa Notburga menjadi legenda bagi masyarakat di kota Rattenberg. Banyak kisah mujizat yang dikaitkan dengan Santa Notburga. Lima abad setelah kematiannya, Notburga dikukuhkan gereja sebagai yang terberkati  (beata) oleh Paus Pius IX pada tanggal 27 Maret 1862.

 Sumber : Katakombe.Org

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Check Also

Close
error: Silakan share link berita ini
Close