BERITAGEREJA KITASEPUTAR VATIKAN
Trending

Pesan Video Paus Fransiskus Jelang Kunjungan Ke Negara Thailand Dan Jepang

MIRIFICA.NET –  Pada 19-26 November 2019, Paus Fransiskus akan mengadakan kunjungan Apostolik ke Asia, tepatnya ke Thailand dan Jepang. (19-23/11) ke Thailand dan (23-26/11) ke Jepang. Jadwal lengkap dapat dilihat di link berikut ini:

PESAN KE THAILAND

Saudara-Saudari  terkasih,

Menjelang Perjalanan Kerasulan saya ke Thailand, Saya menyalami anda semua dengan penuh kasih.

Saya tahu bahwa, sebagai negara multi-etnis dan dengan aneka perbedaan, tradisi spiritual dan budaya yang kaya, Thailand telah bekerja keras untuk mempromosikan kerukunan dan hidup berdampingan secara damai, tidak hanya di antara rakyatnya, tetapi juga di seluruh wilayah Asia Tenggara. Di dunia ini yang terlalu sering mengalami perselisihan, perpecahan, pengucilan, komitmen untuk membentuk persatuan yang menghormati martabat setiap pria, wanita dan anak-anak dapat menjadi inspirasi bagi upaya yang dilakukan orang-orang yang berkehendak baik di seluruh dunia untuk mempromosikan sebuah perkembangan hebat dan sejati dari keluarga manusia kita dalam solidaritas, keadilan dan hidup dalam damai.

Selama kunjungan saya, saya akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan komunitas Katolik Thailand untuk mendorong mereka dalam iman dan dalam kontribusi yang ditawarkannya kepada semua masyarakat. Anda adalah orang-orang Thailand dan Anda harus bekerja untuk tanah airmu. Saya juga berharap dapat memperkuat ikatan persahabatan yang kami bagikan dengan banyak saudara dan saudari Buddhis yang memberikan kesaksian yang kuat tentang nilai-nilai toleransi dan harmoni yang menjadi ciri khas umat Anda. Saya percaya bahwa kunjungan saya akan berkontribusi untuk menyoroti pentingnya dialog antaragama, saling pengertian dan kerja sama persaudaraan, terutama dalam pelayanan bagi orang miskin, kepada mereka yang paling membutuhkan dan dalam pelayanan untuk perdamaian: pada saat ini kita perlu bekerja keras untuk kedamaian.

Saya tahu bahwa banyak orang sedang bekerja untuk mempersiapkan kunjungan saya dan saya sungguh berterima kasih. Pada hari-hari ini, saudara-saudariku terkasih saya ingat Anda semua dalam doa saya. Saya berdoa untuk Anda, untuk keluarga Anda, untuk negara Anda; dan tolong, saya juga meminta Anda untuk mendoakan saya.

PESAN KE JEPANG

Saudara-saudari terkasih,

Sementara saya mempersiapkan kunjungan saya ke Jepang, saya ingin menyampaikan salam persahabatan ini kepada anda.

Tema yang dipilih untuk kunjungan saya adalah “Lindungi semua kehidupan”. Naluri kuat yang bergema dalam hati kita, untuk mempertahankan nilai dan martabat setiap manusia, mendapat perhatian istimewa dalam menghadapi ancaman terhadap koeksistensi damai yang harus dihadapi dunia saat ini, terutama dalam konflik bersenjata.

Negara anda sungguh menyadari penderitaan yang disebabkan oleh perang. Bersama anda, saya berdoa supaya kekuatan destruktif senjata nuklir tidak akan pernah digunakan lagi dalam sejarah manusia. Menggunakan senjata nuklir sungguh tidak bermoral.

Kita semua tahu betapa pentingnya budaya dialog, persaudaraan, terutama di antara berbagai tradisi keagamaan, yang dapat membantu mengatasi pemisahan, mempromosikan penghormatan terhadap martabat manusia dan memajukan perkembangan integral dari semua Orang.  Saya percaya bahwa kunjungan saya akan mendorong anda dalam usaha-usaha untuk saling menghormati dan dalam perjumpaan yang mengarah ke perdamaian yang pasti dan abadi dalam waktu, dan tentu tidak mundur ke kebelakang. Perdamaian memiliki keindahannya yang ketika keindahan itu nyata, ia tidak  akan mundur.

Saya juga akan memiliki kesempatan untuk menghargai keindahan alam yang sungguh luar biasa, yang menjadi ciri khas bangsamu dan mengekspresikan keinginan bersama untuk mempromosikan, memperkuat perlindungan dari kehidupan yang mencakup tanah, rumah kita bersama dan betapa indahnya budaya Anda yang dilambangkan dengan bunga Sakura.

Saya tahu bahwa ada banyak orang yang sedang bekerja untuk mempersiapkan kunjungan saya. Dengan tulus saya sungguh berterima kasih atas upaya ini. Dan dengan harapan bahwa hari-hari kebersamaan kita akan dipenuhi dengan kasih karunia dan sukacita, dan dalam solidaritas dengan anda sekalian, saya berdoa untuk anda semua. Dan Saya mohon supaya anda semua  mendoakan saya juga. Terima kasih banyak.

Sumber: www.vatican.va

 

 

Tags

RD. Steven

Imam Diosesan Keuskupan Manado. Menyelesaikan pendidikan Lisensiat Teologi Komunikasi di Universitas Santa Croce di Roma. Menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI, September 2019 -…

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close