Ajaran GerejaKATEKESE
Trending

Dokumen Abu Dhabi: Persaudaraan Manusia Untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Beragama

MIRIFICA.NET – Pada pesan sidang KWI, disampaikan bahwa dalam Dokumen Abu Dhabi, Paus Fransiskus dan Imam besar Ahmed el-Tayeb secara sangat tegas menyatakan hal yang fundamental terkait dengan persaudaraan insani, yaitu kesadaran bahwa setiap manusia merupakan saudara bagi yang lain. Hendaknya kita hidup berdamai dengan setiap orang yang berbeda agama, budaya dan bahasa. Karenanya tidak ada istilah mayoritas dan minoritas dalam persaudaraan. Dua Tokoh agama tersebut menyadari adanya berbagai masalah sosial yang dihadapi oleh umat manusia apapun agamanya seperti kemiskinan, korupsi, ketimpangan sosial, kemerosotan moral, ekstremisme, terorisme, diskriminasi, kerusakan lingkungan hidup dan bencana alam.

Seperti yang sudah diketahui, Paus Fransiskus telah mengadakan kunjungan bersejarah ke Uni Emirat Arab (UEA) pada awal bulan Februari lalu. Hal ini menjadi tonggak sejarah dalam dialog antaragama dan membuka pintu-pintu untuk pembicaraan tentang toleransi yang perlu didengar oleh seluruh dunia. Persaudaraan yang indah ditunjukkan oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Ahmed el-Tayeb di Abu Dhabi. Saat keduanya duduk bersama dan menandatangani, “The document on Human Fraternity for World Peace and Living Together.”

Ditambahkan pula dalam pesan sidang bahwa, Dokumen Abu Dhabi dinilai sangatlah penting untuk disebarluaskan dikalangan umat Katolik dan masyarakat pada umumnya, terutama di antara generasi muda dengan berbagai macam cara, diantaranya dengan memanfaatkan media sosial yang ada. Dengan demikian, akan lahirlah ruang-ruang perjumpaan yang baru di tengah masyarakat untuk memikirkan ulang, merancang ulang, membangun kerangka baru, dalam hidup beragama. Menghayati hidup beragama yang inklusif tanpa kehilangan identitasnya menjadi penting untuk terus diwartakan sehingga semakin banyak orang yang peduli dengan sesamanya dan bersemangat dalam membangun persaudaraan insani berlandaskan pada penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia.

Baca selengkapnya Dokumen Abu Dhabi berbahasa Indonesia yang dapat diunduh melalui link di bawah ini:

The document on Human Fraternity for World Peace and Living Together.”

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close