KATEKESETeladan Kita
Trending

Santo Maximilianus dari Thebeste : 12 Maret

MAXIMILIANUS lahir sekitar tahun 274 di Thebeste Afrika Utara (wilayah ini sekarang bernama Tébessa – Aljazair). Ia adalah putra seorang Veteran tentara Romawi yang dihormati bernama Fabius Victor.  Saat berusia 21 tahun, Maximillianus ditangkap karena menolak ikut wajib militer dalam tentara kekaisaran Romawi.

12 Maret, katekese, katolik, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Para Kudus di Surga, putera allah, Santo Maximilianus dari Thebestea, Santo Eulogius dari Spanyol, Santo Filemon, santo santa, Sukacita, teladan kita

Dalam persidangan, Maximillianus membela dirinya dihadapan hakim dan Proconsularis (Gubernur) Romawi. “Saya tidak dapat menjadi tentara karena saya tidak ingin melakukan kejahatan. Saya adalah seorang Kristen”. katanya. Ketika diancam dengan hukuman mati, ia berkata dengan lantang : “Saya tidak akan mati. Apabila saya meninggalkan dunia ini, saya akan bersatu dengan Kristus Tuhanku”.

Pemuda pemberani ini segera dijatuhi hukuman mati dan dipenggal dipinggir kota Thebeste pada tahun 295 M.

Maximillianus tercatat sebagai orang Kristen Afrika Utara pertama yang menjadi Martir karena menolak ikut wajib militer. Diyakini terdapat banyak pemuda Kristen dimasa itu yang juga tewas menjadi martir Kristus karena alasan yang sama.

Sumber: katakombe.org

Inspirasimu: Santo Eulogius dari Spanyol : 11 Maret

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close