BERITA
Trending

Jumpa Pers Panitia Tahbisan Uskup Ruteng

Aula Keuskupan Ruteng, Minggu - 15 Maret 2020

Panitia Sudah Siap Menyukseskan

Rangkaian Acara Pekan Puncak Tahbisan Uskup Ruteng

Perayaan tahbisan Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, tinggal beberapa hari saja. Panitia sudah bekerja keras mempersiapkan rangkaian acara tahbisan ini dengan baik. Panitia sudah siap menyukseskan pekan puncak perayaan tahbisan Uskup Ruteng. Secara umum, pekan puncak ini akan diisi dengan dua jenis kegiatan utama.

PERTAMA, Perayaan Liturgi (rohani). Ada tiga kegiatan utama dalam acara liturgis ini. Pertama, Vesper Agung dan pemberkatan Perlengkapan Liturgi Uskup. Acara liturgi ini akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 18 Maret 2020, Pukul 18.00 Wst di Gereja Santu Yosef. Kedua, perayaan Tahbisan Uskup Ruteng (Puncak Perayaan) pada Hari Kamis, 19 Maret 2020 di Gereja Katedral. Perayaan tahbisan Mgr. Siprianus Hormat akan dipimpin langsung oleh Ignasius Kardinal Suharyo, Uskup Agung Jakarta, dengan Pendamping I, Uskup Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potakota, Pendamping II, Uskup Denpasar/Administrator Keuskupan Ruteng, Mgr. Silvester San, dengan Pengkotbah, Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin. Dalam perayaan tahbisan ini, Mgr. Silvester San, Nuntius, Ketua KWI, Gubernur NTT, Menkominfo Republik Indonesia, Bapak Johnny Plate, dan Mgr. Sipri Hormat akan memberikan sambutan. Ketiga, Perayaan Misa Pontifikal pada Hari Sabtu, 21 Maret 2020 di Gereja Katedral. Perayaan Misa Pontifikal ini akan dipimpin langsung Mgr. Siprianus Hormat. Dalam perayaan ini, Mgr. Silvester San, Bapak Bupati Manggarai, dan Mgr. Siprianus Hormat akan memberikan sambutan.

KEDUA, Kegiatan non-liturgis. Ada beberapa acara/kegiatan non-liturgis yang dilaksanakan dalam pekan puncak perayaan tahbisan Uskup Ruteng. Pertama, kegiatan pameran, di halaman Katedral. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada Hari Minggu, 15 Maret 2020—Kamis, 19 Maret 2020. Kegiatan ini akan dibuka secara resmi pada jam 17.00 (5 sore) Wst. Kedua, acara launching buku kenangan tahbisan yang akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 18 Maret 2020, Pukul 20.00 Wst. (Jam 8 malam) bertempat di Aula Asumpta. Ketiga, Jamuan makan malam Pemerintah Manggarai yang dihadiri Nutius, Kardinal dan Para Uskup, Pejabat pemerintah, Tamu gereja, Panitia dengan bertempat di Rumah Jabatan Bupati Manggarai pada Hari Kamis, 19 Maret 2020. Keempat, Malam Musik Sukacita Umat Bersama Mgr. Siprianus Hormat dan Musisi Nasional asal Manggarai, Ivan Nestorman di Area Pameran halaman Parkir Gereja Katedral pada Hari Kamis 19 Maret 2020.

Panitia tahbisan siap melayani umat yang hadir dalam perayaan puncak ini. Panitia juga sudah siap menyambut para tamu undangan hadiran yang datang dari luar Keuskupan. Dalam catatan panitia, sejumlah tokoh nasional akan hadir hadir dalam perayaan puncak ini antara lain: Menkominfo RI, Pejabat Dirjen Bimas Katolik, Gubernur dan wakil, Kapolda NTT, Bapak Goris Mere, Bupati-Bupati Sedaratan Flores, Lembata dan Timor. 38 Uskup akan hadir dalam perayaan ini termasuk Mgr. Siprianus Hormat. Secara keseluruhan, sekitar 400 tamu akan menghadiri perayaan puncak tahbisan Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat.

Tim medis Panitia Tahbisan Uskup Ruteng juga menyatakan kesediaan untuk menyediakan pelayanaan dan pendampingan bagi para tamu yang datang dari luar Keuskupan Ruteng di 5 (lima) titik antara lain Komunitas Biara Lambung Kudus, Puspas Keuskupan Ruteng, Hotel Revayah, Hotel Spring Hill, dan area Gereja Katedral Ruteng secara penuh 24 jam pada tanggal 18 dan 19 Maret 2020.

Sumber : Komsos Keuskupan Ruteng

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close