BOOK REVIEW

Panggilan Menjadi Formator Seminari

Referensi buku menjadi formator seminari dari Komisi Seminari KWI

Detail ..

Perayaan Ekaristi Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-47

11 Februari 2013 14:31

12 Mei 2013

 

Jejaring Sosial : Pintu Kepada Kebenaran dan Iman
Ruang Baru untuk Evangelisasi

 

 

Komentar Pembuka

Saudara/I, umat Allah terkasih. Dalam konteks perayaan Tahun Iman yang  akan berakhir pada bulan Oktober tahun 2013, Paus Benediktus XVI pada Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-47 tahun ini menegaskan kembali tentang hubungan antara Komunikasi dan Iman.

Lewat pesan komunikasi dengan tema: "Jejaring sosial: Pintu Kebenaran dan Iman, Ruang Baru untuk Evangelisasi", Paus Benedictus XVI menyampaikan bahwa, media sosial  digital yang sekarang menyebar di seluruh lapisan masyarakat merupakan rahmat istimewa dari Allah bagi kita. Oleh karena itu tandas Paus Benedictus XVI, semua orang Kristiani hendaknya menjadikan jejaring sosial digital ini sebagai ruang publik baru bagi pewartaan Kabar Gembira Yesus Kristus.

Dalam jejaring sosial, kita memberikan kesaksian hidup tentang persaudaraan, kerukunan diantara umat manusia, membangun dan memperjuangkan keadilan dan kebenaran dan bukan menjadikannya sebagai tempat menabur permusuhan di antara umat manusia.

Marilah kita mengikuti perayaan Ekaristi Hari Komunikasi Sosial Sedunia ini dengan penuh hikmat.

Lagu Pembuka

Tuhan Kasihanilah Kami

Kemuliaan

Doa Pembuka

I:          Ya Allah Bapa kami, Putra-Mu Yesus Kristus memberikan tugas perutusan kepada Gereja-Mu untuk mewartakan sukacita Kerajaan Allah keseluruh dunia agar semua orang memperoleh keselamatan. Engkau kini melengkapi kami umat-Mu dengan sarana-sarana komunikasi modern jejaring sosial agar tugas perutusan-Mu yang kami laksanakan sungguh-sungguh berhasil guna. Tuntunlah dan ajarilah kami, bimbinglah dan kuatkanlah kami, agar kami mampu menggunakan anugerah media komunikasi digital dengan bijaksana, menjadikannya sebagai ruang baru dimana kami saling berbagi dan membangun komunikasi sosial di antara kami, di dalam keluarga dan masyarakat kami. Demi  Yesus Kristus Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan meraja bersama Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus Allah, kini dan sepanjang segala masa

U:         Amin

 

Bacaan I                                  :  Kis, 7:55-60

Mazmur Tanggapan             

Bacaan II                                 : Why. 22:12-14; 16-17,20

Bait Pengantar Injil              

Bacaan Injil                             :  Yoh, 17: 20 - 26

 

Homili                                    

Gagasan homili dapat diambil dari Pesan Sri PausBenedictus XVI pada Hari Komunikasi Sedunia ke-47.Pada kesempatan ini, umat diimbau untuk mengumpulkan kolekte bagi karya komunikasi Gereja. Hal itu tertuang dalam dekrit Inter Mirifica Konsili Vatikan II: ‘pada hari komunikasi sosial sedunia, umat Katolik diajak meyadari kewajiban-kewajiban mereka di bidang komunikasi, memanjatkan doa bagi karya komunikasi dan mengumpulkan dana untuk kegiatan komunikasi Gereja' (IM. No 18)

Aku Percaya                

Doa Umat                          

Imam:  Saudara-saudari terkasih, Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-47 mengambil tema: "Jejaring Sosial: Pintu Kebenaran dan Iman, Ruang Baru untuk Evangelisasi". Marilah kita dengan penuh kepercayaan memanjatkan doa-doa permohonan kita kepada Bapa Surgawi.

P:         Bagi para pemimpin Gereja

Semoga para pemimpin Gereja kami Kau anugerahi rahmat berlimpah agar mereka mampu memimpin dan menuntun umat-Mu dalam membangun jejaring persaudaraan di antara kami. Marilah kita memohon..

U:         Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

P:         Bagi saudara-saudari kita yang berkarya di dunia media komunikasi sosial

Semoga mereka yang berkarya di bidang media komunikasi sosial Kau curahi rahmat berlimpah agar di tengah kemajuan sarana komunikasi sosial digital ini, mereka dengan sungguh-sungguh menjadikan media sebagai sarana untuk membangun komunikasi dan memperjuangkan kebenaran dan keadilan bagi masyarakat. Marilah kita memohon. . .

U:         Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

P:         Bagi keluarga-keluarga Kristiani di Paroki kami

Semoga keluarga-keluarga Kristiani di Paroki kami Kau bimbing agar dalam menghadapi arus penyebaran media komunikasi digital sekarang ini, mereka tidak terjebak dalam sikap ingat diri dan mencari popularitas tetapi mampu menjadikannya sebagai ruang pertukaran gagasan, informasi dan pendapat tentang kasih-Mu. Marilah kita mohon . . . .

U:         Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

P:         Bagi kaum muda

Semoga kaum muda kami mampu membangun jejaring-jejaring komunikasi di antara mereka agar semangat kerukunan, persaudaraan dan nilai-nilai kebenaran menjadi pilihan hidup kristiani mereka. Marilah kita mohon . . .

U:         Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

P:         Bagi kita yang semua yang mengambil bagian dalam perayaan ini

Semoga kami yang mengambil bagian dalam perayaan ini, mampu membangun persekutuan hidup dan memperjuangkan kebenaran dengan menggunakan sarana-sarana komunikasi modern yang Kau anugerahkan kepada kami. Marilah kita mohon..

U:         Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

I:          Demikianlah doa-doa permohonan yang kami panjatkan kehadirat-Mu. Kami yakin bahwa Engkau sendirilah yang akan mendapingi kami dalam membangun jejaring-jejaring komunikasi dalam diri kami dan dalam lingkungan masyarakat. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami. . ..Amin.

Persiapan Persembahan                  

Perarakan bahan persembahan dapat disesuaikan dengan situasi dan kebiasaan setempat. Sangat mungkin diupayakan agar persembahan itu merupakan ungkapan penyerahan diri dan jejaring komunikasi manusia kepada Allah.

 

Doa Persiapan Persembahan          

I:          Bersama roti dan anggur yang kami sampaikan ini kami mohon ya Bapa, semoga Engkau senantiasa menyertai kami dalam membangun jejaring persahabatan dan kasih. Demi Yesus Kristus Putra-Mu Tuhan dan Pengantara kami. . . Amin

Doa Syukur Agung

Prefasi dan Kudus

Bapa kami

Ajakan dan Doa Damai

Lagu Komuni

Doa Sesudah Komuni:

I:          Bapa Surgawi, Kami telah Kau kenyangkan dengan santapan Sabda dan Ekaristi dalam perayaan Hari Komunikasi Sosial Sedunia. Engkau juga telah memperkenalkan kepada kami sarana-sarana komunikasi untuk menunjang karya perutusan Putra-Mu di dunia. Semoga berkat perayaan ekaristi ini kami semakin diteguhkan untuk memberikan kesaksian iman di tengah masyarakat melalui media komunikasi sosial. Demi Yesus Kristus Putra-Mu dan Pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa. . Amin.

Pengumuman

Berkat akhir dan Pengutusan

Lagu Penutup

 

   

-------- 00 -------

(Download poster Hari Komunikasi Sosial ke-47)

Viewed: 1397 ; Printed: 480


~~ arsip ~~