BOOK REVIEW

Panggilan Menjadi Formator Seminari

Referensi buku menjadi formator seminari dari Komisi Seminari KWI

Detail ..

Sekjen KWI: Umat Katolik Indonesia Terkejut

13 Februari 2013 09:46

(Jakarta 12/02/2013) Pengunduran diri Paus Benediktus XVI mengejutkan para pemimpin dan umat Katolik di Indonesia. Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Johannes Pujasumarta, Selasa (12/2/2013).

"Berita pengunduran diri Sri Paus tentu sangat mengejutkan kami, umat Katolik di Indonesia. Peristiwa ini sangat langka. Sri Paus mengundurkan diri karena memang kondisi kesehatannya yang terus menurun," kata Romo Puja, saat ditemui Kompas.com di Wisma Gonzalo Karang Panjang, Ambon, Selasa siang.

"Namun kami harus menghargai pengunduran diri Sri Paus. Semoga ini akan mendatangkan berkah bagi umat Katolik," lanjut Romo Puja.

Romo Puja menjelaskan, pengumuman pengunduran diri Paus Benediktus XVI sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik secara resmi baru akan diumumkan di Vatikan pada 28 Februari 2013.

"Sesuai dengan hukum dan aturan gereja maka usai pengunduran diri Paus, maka seluruh kardinal akan berkumpul di Roma untuk menentukan pengganti Paus. Dari Indonesia juga akan hadir, yakni Kardinal Julius Darmaatmaja,"jelas Romo Puja.

Romo mengungkapkan, beberapa tahun lalu dia dan para uskup di Indonesia menemui Paus Benediktus XVI di Vatikan. "Kami sekitar 10 orang. Kami bertemu dengan Paus dan menceritakan soal keuskupan kita. Saat itu kami memang menduga kalau kesehatan Sri Paus sudah agak menurun. Dan akhirnya kita mendengar keputusan Sri Paus mengundurkan diri," tutur

Paus Benediktus XVI, yang terlahir sebagai Joseph Aloisius Ratzinger, menjadi paus pertama selama hampir enam abad yang mengundurkan diri dari jabatannya. Paus terakhir yang mengundurkan diri adalah Gregorius XII pada tahun 1415. Ketika itu, Gregorius XII mundur untuk mengakhiri Skisma Barat, perpecahan dalam Gereja Katolik yang membuat adanya seorang Paus dan dua Anti-Paus. Pengunduran diri Gregorius XII membuka jalan bagi dipilihnya seorang Paus pengganti sehingga Skisma berakhir.(kompas.com)

 

(Foto: kompas.com)



Viewed: 657 ; Printed: 173


~~ arsip ~~