BOOK REVIEW

Panggilan Menjadi Formator Seminari

Referensi buku menjadi formator seminari dari Komisi Seminari KWI

Detail ..

Paus Benediktus Tinggalkan Vatikan

01 Maret 2013 07:45

(Vatikan 01/03/2013) Paus Benediktus XVI meninggalkan kota Vatikan Kamis (28/2) petang waktu setempat  setelah berjanji akan patuh sepenuhnya kepada siapa pun yang menggantikan dirinya memimpin Gereja Katholik, di salah satu periode paling kritis dalam 2.000 tahun sejarah kepausan.

leavevaticanBenediktus diterbangkan dengan helikopter warna putih menuju villa peristirahatan musim panas di mana dia akan tinggal untuk sementara.

Begitu helikopter lepas landas, Benediktus mengirim pesan terakhir di Twitter: "Terimakasih atas cinta dan dukungan kalian. Semoga kalian selalu mendapatkan sukacita yang datang karena menjadikan Kristus sebagai pusat kehidupan kalian".

Lonceng berdentang dari Gereja Basilica di Santo Peter dan juga gereja-gereja lain di penjuru Roma ketika helikopter berputar mengitari kota Vatikan dan terbang melintas Colosseum serta tempat-tempat bersejarah lainnya untuk memberi kesempatan terakhir kepada Benediktus sebagai Paus mengamati kota, di mana dia juga bertindak selaku bishop.

popeleave"Seperti anda tahu, hari ini berbeda dengan hari-hari sebelumnya," kata Benediktus di depan khalayak begitu dia mendarat di kota kecil Castel Gandolfo.

"Aku hanya akan menjadi kepala Gereja Katholik sampai pukul 8 malam dan setelah itu tidak lagi. Aku akan menjadi seorang jemaat biasa yang memulai tahap akhir dari ibadah di bumi ini."

Dia lalu berbalik dan masuk ke dalam villa, dan tak akan pernah lagi keluar sebagai seorang Paus.

Momen itu diikuti dengan penuh haru oleh para pengunjung.

"Aku ingin melihat dia terakhir kalinya. Kuharap penggantinya akan mengikuti jejaknya. Aku merasa sangat tergerak untuk datang ke sini," kata Giuseppe Ercolino, seorang pelajar usia 19 tahun dari kota terdekat.

Perpisahan Emosional

Pagi sebelum itu, Benediktus memberikan ucapan selamat berpisah yang emosional kepada para kardinal, dengan pesan serius agar mereka di eselon teratas dan yang setia padanya akan tetap bersatu mendukung penggantinya, siapa pun dia.

"Aku akan tetap berada di dekat kalian dalam doa, terutama dalam beberapa hari ke depan, sehingga kalian akan sepenuhnya menerima campur tangan Roh Kudus dalam pemilihan Paus baru," kata Benediktus. "Semoga Tuhan bisa menunjukkan pada kalian apa yang Dia kehendaki. Di antara kalian sekarang ada yang akan menjadi Paus dan kepadanya, hari ini juga, kunyatakan hormat dan kesetiaanku yang tanpa syarat."

Janji ini sangat penting karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, akan ada Paus dan pengganti Paus yang tinggal bersebelahan di Vatikan.

Beberapa ilmuwan gereja khawatir bahwa seandainya Paus baru membatalkan kebijakan-kebijakan Benediktus sementara pendahulunya itu masih hidup, Benediktus bisa mendapat dukungan kelompok konservatif dan hal itu bisa memecah-belah 1,2 miliar anggota Gereja Katholik di seluruh dunia.

Paus Baru Sebelum Paskah

Benedict akan tinggal di villa sampai April ketika renovasi rumah barunya di Vatikan selesai.

Segera setelah kursi Paus kosong, 115 kardinal dari seluruh dunia akan mengatur konklaf untuk memilih Paus baru. Hari Jumat ini mereka akan bertemu namun keputusan baru akan dibuat pekan depan.

Vatikan tampaknya berkeinginan untuk mengadakan pemilihan pada pertengahan Maret sehingga Paus baru bisa dilantik sebelum Minggu Palem yang jatuh tanggal 24 Maret dan bisa memimpin doa sepanjang Pekan Suci sebelum Paskah hari Minggu berikutnya.(beritasatu.com)

 

 

 

 

 

 
  
   


Viewed: 645 ; Printed: 177


~~ arsip ~~