Harian

Senin 22 September: Berusaha Membahagiakan Sesama

Apa tujuan dari usaha-usaha Anda? Untuk diri Anda sendiri? Atau demi kesejahteraan banyak orang? Tema permenungan kita malam ini adalah Berusaha Membahagiakan Sesama.

Jarangnya ilmuwan wanita membuat Marie Curie menjadi sangat diperhitungkan. Apa lagi penemuannya dinilai berjasa. Marie Curie adalah seorang wanita imigran yang berusaha keras membantu meningkatkan prestise Prancis di dunia ilmiah. Berusaha untuk belajar dan terus belajar membuat Curie akhirnya menemukan radium dan polonium. Itu adalah hasil riset yang dia pelajari di Universitas Sorbonne, Paris.

Curie juga menemukan bahwa thorium dapat memberikan sinar yang sama seperti uranium. Dia melanjutkan studi sistematis tentang berbagai senyawa kimia yang memberikan hasil mengejutkan. Kekuatan radiasi bergantung pada jumlah uranium dan thorium.

Akhirnya, Curie menarik kesimpulan bahwa kemampuan memancarkan sinar radiasi tidak bergantung pada susunan atom dalam sebuah molekul. Hal tersebut harus dikaitkan dengan interior atom itu sendiri. Pada akhir abad ke-19, sejumlah penemuan Curie tersebut menjadi perintis bagi terobosan fisika modern.

Tidak berhenti sampai di situ. Curie mencoba mempelajari alam yang juga mengandung biji uranium dan thorium. Hal itu menjadi hipotesis baru yang ditemukan Curie bahwa unsur baru yang jauh lebih aktif daripada uranium muncul dalam jumlah kecil sebagai bijih.

Di tempat dia menuntut ilmu, Universitas Sorbonne, Paris, Curie juga banyak melakukan riset pengembangan. Akhirnya, dia mampu mengisolasi radium dari laboratorium sederhana milik orangtua nya.Sejak itu, Curie mulai sedikit demi sedikit menemukan radium dan polonium. Benda tersebut kemudian dikembangkan menjadi bahan pembuatan nuklir. Temuan Curie dikembangkan sebagai radiasi dalam pengobatan kanker.

Dari berbagai penemuan itu, Curie dianugerahi sebuah nobel Fisika. Prestasinya yang luarbiasa itu mampu memahami kebutuhan untuk mengumpulkan sumber-sumber radioaktif secara intens.

Curie terus bekerja serta menyelidiki nuklir dan radioaktif di dalam laboratorium sederhana tanpa memikirkan dirinya. Bahkan, dia tidak mau mematenkan penemuan-penemuan itu. Sebab, dia berpegang teguh pada prinsip, “Ilmu pengetahuan adalah untuk umat manusia.”

Suatu usaha pantang menyerah memberikan hasil yang gilang gemilang bagi kehidupan manusia. Apalagi usaha itu dilakukan dengan suatu kreativitas yang tinggi. Orang menjadi penuh perhatian pada apa yang sedang dilakukan.

Kisah Marie Curie menjadi salah satu contoh bagi kita. Ia tak henti-hentinya berusaha untuk menemukan cara-cara mengatasi radiasi dari nuklir. Semua itu ia baktikan bagi keselamatan umat manusia. Ia tidak ingin manusia mengalami penderitaan akibat radiasi yang terjadi melalui radio aktif itu.

Kebahagiaan manusia terjadi ketika manusia secara kreatif menemukan hal-hal baru bagi kesejahteraan manusia. Untuk itu, manusia tidak boleh egois. Manusia mesti senantiasa membuka diri bagi kemajuan hidup bersama. Suatu usaha yang dilakukan hanya untuk mencari dan menemukan kebahagiaan diri sendiri hanyalah suatu kepuasan semu. Orang mesti sampai pada usaha untuk membahagiakan sesama. Dengan demikian, hidup ini menjadi lebih bermakna.

Tuhan memberkati.

Keterangan foto: Children running down a sand dune, ilustrasi dari lipa-lipa.ro

Tags

RP. Frans de Sales SCJ

Imam religius anggota Kongregasi Hati Kudus Yesus (SCJ); sekarang Ketua Komisi Komsos Keuskupan Agung Palembang dan Ketua Signis Indonesia; pengelola majalah "Fiat" dan "Komunio" Keuskupan Agung Palembang.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close