HarianJendela Alkitab

Renungan Harian: Selasa, 30 Desember 2014

1Yoh. 2:12-17, Luk. 2:36-40

Luk 2:36 Lagipula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya,

Luk 2:37 dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa.

Luk 2:38 Dan pada ketika itu juga datanglah ia ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem.

Luk 2:39 Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea.

Luk 2:40 Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.

Renungan

Sewaktu kecil, kita sering mendengar kalimat, “Kamu bodoh!” kalimat itu memang singkat dan jelas, namun efeknya terbawa sampai kita dewasa. Saat dewasa, kita selalu merasa menjadi orang bodoh yang banyak melakukan ketololan yang tidak perlu. Itulah konsekuensi pendidikan yang terlalu gampang melihat sisi negatif dalam diri seseorang.

Hari ini, Surat Pertama Yohanes memaparkan perintah yang baru, yang isinya tidak melulu menyalahkan, namun juga memaksimalkan potensi yang ada dalam diri setiap orang. Potensi inilah yang memampukan kita semua untuk berkembang. Dan, orang-orang yang mampu mengaktualisasikan potensi yang sesungguhnya dalam setiap pribadi adalah seorang nabi karena dia mampu mewartakan kebenaran tentang penciptaan.

Allah, aku bisa hidup karena berkat-berkat-Mu. Berkat-Mulah yang memungkinkan aku sampai pada hari ini. Semoga dari hari ke hari, aku pun makin mampu membawa damai-Mu bagi sesamaku. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2014

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close