HarianJendela Alkitab

Renungan Harian: Sabtu, 17 Januari 2015

 Bacaan Injil: Markus 2:13-17

MARKUS 2:13   Sesudah itu Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka.

Markus  2:14     Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku!” Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia.

Markus  2:15   Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia.

Markus  2:16   Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya: “Mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?”

Markus  2:17  Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Renungan

St. Antonius adalah seorang  pelopor  bagi  para pertapa Kristiani. Bertapa ala Kristiani adalah hidup yang  berfokus pada Allah dengan olah rohani yang sangat ketat dan tinggal di tempat sunyi terpencil. St. Atonius menjalani hidup seperti itu karena tersentuh sabda Yesus: “ Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang – orang miskin,  maka engkau akan beroleh harta sorga, kemudian datanglah kemari dan ikutlah Aku!” ( Mat. 19:21 ).

Perubahan hidup secara radikal akan terjadi bila ada perjumpaan dari hati ke hati dengan Allah. St. Antonius mengubah hidupnyaa secara radikal karena sabda Allah. Lewi dalam  Injil hari ini mengubah hidupnya karena perjumpaan dan sapaan Yesus. Yesus senantiasa hadir bersama kita dan ingin menyapa kita. Bila kita menyadari akan kedosaan kita dan akan kehadiran-Nya yang penuh  kasih, pasti ada pembaruan dalam hidup kitga. Sebaliknya, bila seperti orang Farisi dan ahli Taurat yang merasa tidak memiliki dosa maka kehadiran Yesus selalu dipersoalkan.

Prinsip yang diterapkan  oleh Tuhan Yesus adalah : “ Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk  memanggil orang benar, melainkan orang berdosa!”  Mari kita datang kepada-Nya mohon disembuhkan dan dibaharui hidup kita.

Ya Tuhan Yesus, aku sungguh bersyukur atas kedatangan-Mu ke dunia. Lembutkan hatiku agas setiap saat aku bias membvaharui hidup saya! Amin.

Sumber : Ziarah Batin 2015

Foto :  

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close