HarianJendela Alkitab

Renungan Harian: Sabtu, 20 Juni 2015

Bacaan I: 2Kor. 12:1-10

Injil: Mat. 6:24-34

MAT 6:31 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?

Mat 6:32 Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

Mat 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Mat 6:34 Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

Renungan

Ketika Yesus mengajarkan para murid untuk tidak cemas terhadap apa yang mereka makan dan minum, atau pakai, itu tidak berarti bahwa mereka tidak perlu membuat rencana untuk masa depan. Rencana untuk masa depan tetap dan malah harus dibuat. Hal yang tidak diinginkan Yesus adalah kecemasan yang berlebihan. Kalau Allah bisa memperhatikan burung di udara dan bunga bakung di padang, betapa pula Dia memperhatikan manusia yang merupakan mahkota ciptaan-Nya. Lagi pula, akankah kecemasan akan menyelesaikan persoalan? Sama sekali tidak. Kecemasan yang berlebihan justru akan membuat persoalan bertambah rumit.

Hal yang paling penting adalah membuka diri terhadap kekuasaan Allah. Percaya diri berlebihan dan menganggap diri seolah-olah sebagai pengatur kehidupan akan membawa malapetaka. Paulus dalam bacaan pertama hari ini merasakan bahwa kekuatannya terletak pada Allah. Allah adalah pengatur kehidupan. Ketika dia merasa diri lemah, maka dia menjadi kuat karena di dalam kelemahan itu Allah menyempurnakan kekuasaan-Nya. Intinya adalah keterbukaan terhadap Allah sebagai Penguasa atas kehidupan kita. Di situlah terletak keamanan kita sesungguhnya.

Tuhan, anugerahkanlah aku iman yang teguh akan penyelenggaraan-Mu yang Ilahi atas hidupku. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2015

Credit Foto: Tuhan Sumber Kekuatanku, blessingclub.blogspot.com

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close