KOMSOS KWI

Kabar Gembira bagi Umat Katolik Indonesia

MENYIKAPI minimnya bahan katekese audio-visual Sakramen-Sakramen Gereja yang dimiliki umat Katolik Indonesia, dan membantu meningkatkan pengetahuan umat akan makna dari setiap Sakramen, maka Rumpun Pewartaan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang ditugaskan oleh para uskup telah menyediakan sarana audio visual Katekese Sakramen.

Video Katekese 7 Sakramen Gereja produksi KWI tersebut merupakan sarana animasi yang dapat dipakai oleh para Katekis/Fasilitator dalam pertemuan atau proses katekese bersama umat. Juga untuk para pelajar SMA, mahasiswa dan orang dewasa.

Pembuatan video ini mengaju pada buku-buku tentang Sakramen baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Selain video, para Katekis dan Fasilitator juga dimudahkan  dengan  buku panduan sebagai satu paket.

Setiap Video terdiri dari 2 bagian:

  • Video pendek (kisah, ceritra) berdurasi 20-25 menit.
  • Video Pengajaran atau Instruksional berdurasi-5-7 menit yang dibawakan oleh 6 orang imam dan seorang uskup.

Tujuan dari penyediaan video ini:

  1. Menyediakan program audio-visual yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran, untuk membangun dan mengembangkan pengertian umat tentang Sakramen.
  2. Menggerakkan umat untuk berproses bersama lingkungan terdekatnya, memahami dan menghayati Sakaramen-Sakramen Gereja dalam kehidupan bersama.
  3. Menggerakkan orangtua, pendidik dan katekis berperan lebih aktif meningkatkan pemahaman dan penghayatan anak dalam keluarga, pelajar dan mahasiswa di sekolah serta umat di lingkungan dan paroki terhadap Sakramen-Sakramen Gereja.

Pemahaman tentang Sakramen merupakan hal yang sangat penting dan mendasar bagi kehidupan iman umat Katolik. Sakramen-Sakramen  yang dirayakan dengan benar, digunakan Allah sebagai sarana untuk mengkomunikasikan rahmat bagi umat beriman yang menerimanya.

Membantu perkembangan iman umat dari segi kognitif, afektif dan psikomotoris, maka umat diajak untuk mengolah bersama pengertian dan penghayatan mereka atas Sakramen-Sakramen Gereja bertitik tolak dari program audio-visual.

Semoga sarana katekese ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga iman umat makin diperkaya.

Bagi umat yang mau memiliki paket Video Katekese 7 Sakramen Gereja bisa pesan langsung di Komisi KOMSOS KWI dan Komisi Kateketik KWI dengan harga Rp. 50.000/paket. Biaya pengiriman Rp. 2.500/paket.  Uang bisa dibayar langsung ke Komsos KWI atau kirim ke Rekening BCA Cabang Sabang Jakarta, atas nama Konferensi Waligereja Indonesia Acc 028-384 3588. Bukti transfer dikirim melalui fax nmr 3100479 atau dikirim melalui WhatsApp nmr 082298037174.  Kontak person: Yohanes Maurinus Laba 081316033261, KOMSOS KWI (021)31907173, Rm. Kamilus 081318072399.

Tags

RD. Kamilus Pantus

Imam diosesan (praja) Keuskupan Weetebula (Pulau Sumba, NTT); misiolog, lulusan Universitas Urbaniana Roma; berkarya sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI, Juli 2013-Juli 2019

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close