KOMSOS KWI

Inspirasi Di Bawah Pohon Sawo Kecik

RANGKAIAN pelatihan “Menulis di Era Internet” semakin rampung, mulai dari menulis fakta, opini, feature, hingga artikel ilmiah. Dari tulisan karya mahasiswa/i semester VI STP. St. Bonaventura yang sudah dikumpul dan dinilai, ada beberapa yang sudah memenuhi nilai berita, tatabahasa yang benar, ide yang runtut, serta layak dipublikasikan. Beberapa karya peserta akan ditampilkan di mirifica.net dalam waktu dekat.

Sebagian peserta merasa ragu untuk mulai menulis, karena merasa belum menguasai tatabahasa yang benar. Budi Sutedjo, selaku mentor dalam pelatihan ini, mengajak peserta untuk memulai tulisannya dari konsep dan ide.

“Yang penting, mereka harus berani menuangkan ide dahulu. Setelah itu, tulisan disunting sesuai aturan tatabahasa”, ujar Budi. Mereka pun dibebaskan untuk menulis di dalam ruang, di taman atau lapangan, agar mereka dapat mengembangkan inspirasi dengan leluasa.

Peserta yang memilih tempat di taman atau lapangan menemukan keasyikan tersendiri. Mereka menulis di bawah pohon Sawo Kecik. “Peristiwa ini menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi kami”, ungkap mereka penuh antusias.

Peserta menunjukkan kreativitasnya lewat judul-judul tulisan yang dirumuskannya. Gagasan yang ditulis digali dari pengalaman pribadinya, maupun hasil pengamatan terhadap kehidupan umat di paroki. Mereka pun berusaha merangkai kata dan kalimat untuk menguraikan opininya terkait dengan judul tulisan.

Sesekali peserta berkonsultasi dengan pengajar tentang banyaknya kata dalam kalimat judul, rumusan judul yang dapat menggambarkan isi tulisan, maupun cara menguraikan gagasan. Beberapa peserta sempat berhenti menulis, karena mereka seperti kehabisan kata-kata. “Kejadian ini menyadarkan saya betapa pentingnya membaca untuk menambah perbendaharaan kata”, kata salah seorang peserta. (B)

ditulis oleh Budi Sutedjo, D.O., S.Kom, M.M. dan @omk_indonesia

Tags

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close