KOMSOS KWI

Inilah Karya Tulisan Fakta Pelatihan Menulis STKIP St. Paulus, Ruteng

BUDI Sutedjo dan Maria Herjani, pelopor Indonesia Menulis mengajak mahasiswa/i STKIP St. Paulus, Ruteng untuk melatih kemampuan menulis berbagai bentuk tulisan. Salah satunya adalah tulisan fakta. Sebelumnya sudah dipublikasikan karya dari Romo Frans Sawan, Pembantu Ketua III STKIP St. Paulus. Berikut adalah karya Nick, seorang mahasiswa peserta pelatihan.

***

STKIP St. Paulus Ruteng Kembali Menggelar Workshop Menulis dan Public Speaking

Ruteng – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) St. Paulus, Ruteng kembali melakukan kegiatan pelatihan menulis dan public speaking bagi mahasiswa/i-nya. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama dengan Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Rabu (24/2) ini menghadirkan 60 mahasiswa/i yang dipilih untuk mewakili 3600 total mahasiswa/i STKIP. Pelatihan diadakan di Rumah Retret Wae Lengkas. Adapun tujuannya untuk membekali mahasiswa dalam mengasah keterampilan untuk menjadi penulis dan juga public figure yang produktif serta profesional.

Hadir sebagai fasilitator, Budi Sutejo dan Maria Herjani, tokoh penggagas Indonesia Menulis dan Frans Budi sebagai pendiri Heartspeaks Indonesia.

Dalam pembukaannya, Pembantu Ketua (Puket) III STKIP St. Paulus, Romo Frans Sawan berpendapat bahwa kegiatan ini merupakan sebuah kesempatan yang besar dan istimewa bagi para mahasiswa, karena semua yang hadir merupakan orang terpilih, dan ditentukan untuk mengasah serta mengembangkan keterampilannya.

Nick, seorang mahasiswa yang mengikuti pelatihan menulis ini mengaku merasa senang dan sangat berterima kasih kepada Komsos KWI dan STKIP St. Paulus karena telah memberikan kesempatan yang emas ini kepadanya.

Pelatihan ini sempat dijalankan tahun lalu. Hasilnya juga sudah dirasakan: mengubah cara pandang dan pola pikir mahasiswa/i untuk terlibat menjadi penulis produktif. Terbukti dari antusiasme dan juga partisipasi mahasiswa/i.

Kegiatan ini diharapkan menjadi rutinitas terutama untuk lembaga pendidikan, agar mahasiswa/i mampu menjadi garda terdepan dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia, salah satunya lewat menulis. (NCK)

214

ditulis oleh Nick, mahasiswa STKIP St. Paulus, Ruteng peserta pelatihan Menjadi Penulis Produktif

penyunting: @omk_indonesia

Tags

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close