Urbi

Perempuan Muslim Tarawih di Pastoran

Adalah Ade Siti Barokah, perempuan muslim yang berbagi kisah tentang indahnya toleransi. Melalui akun Facebook miliknya, perempuan berjilbab tersebut bercerita bagaimana ia bisa menjalankan tarawih di salah satu kediaman pastor Katolik di Berlin, Jerman.

Ia memanggil sang pastor dengan Romo Paskalis. Berdasarkan keterangan yang dituliskan Ade, keduanya sudah pernah bertemu di Amerika Serikat ketika Ade mendapat beasiswa dari Pemerintah Amerika, sementara Romo belajar di Seminari. Dipertemukan kembali oleh “sang adik” Frater Fransiskus, saat Ade  Siti singgah di Berlin dari Polandia untuk melakukan penerbangan ke Amsterdam.

“Niatnya, hari itu saya akan menginap di bandara karena pesawat ke Amsterdam sangat pagi. Daripada menginap di hostel mahal dan pagi kerepotan ke bandara, lebih baik menunggu pesawat di bandara kan seperti biasa? Tapi Romo tak sependapat. Menurutnya terlalu riskan untuk saya bermalam di sana,” tulisnya.

Akhirnya, Romo meminta Ade Siti untuk bermalam di Pastoran. Awalnya ragu, namun akhirnya Ade menetapkan hati untuk menerima ajakan baik sang Pastor.

“Kawasan Pastoran sangat indah, teduh, dan luas. Ada gereja besar dan kapel kecil yg cantik. Kamar tamu cukup banyak. Bersih dan wangi dengan linen, handuk dan peralatan mandi yg rutin diganti,” jelas Ade, seperti dilansir Bintang.com.

“Itu ada minuman sekadarnya. Bila perlu untuk sahur jangan sungkan. Di bawah ada dapur,” ujar Romo kelahiran Flores NTT, sebagaimana dituliskan Ade. Mendengarnya, Ade tercenang karena Romo tahu ia mulai berpuasa. Singkat cerita setelah mengunjungi sejumlah sudut menarik dan mengobrol, Ade masuk kamar.

Menggunakan aplikasi yang berada di telepon genggam, Ade mencari arah kiblat dan segara menjalankan tarawih.

“Malam ini, salat tarawih pertama di bulan suci saya dirikan di pastoran. Allah ada dimana-mana, di setiap jengkal tanah-Nya. Kebaikan ada dimana-mana. Saudara saya dimana-mana. Sungguh, saya adalah musafir yang beruntung,” tandas Ade.

Tergugah, unggahan Ade ini sudah dibagikan oleh ‘warga’ Facebook sebanyak 11,115 kali. Bukan kali pertama, di prolog, Ade pun menjelaskan ia pernah dijamu seorang suster yang menyajikannya coklat panas dan biskuit ketika berteduh di salah satu katedral di Polandia.

Sumber:  Facebook Ade Siti Barokah, Ucan Indonesia

Kredit Foto: Rm. Paskalis bersama Ade Siti Barokah (Doc:Facebook Ade Siti Barokah)

 

Tags

RD. Kamilus Pantus

Imam diosesan (praja) Keuskupan Weetebula (Pulau Sumba, NTT); misiolog, lulusan Universitas Urbaniana Roma; berkarya sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI, Juli 2013-Juli 2019

Related Articles

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close