HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Jumat: 08 Juli 2016, Mat. 10:16-23

Mat 10:16 “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

Mat 10:17 Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.

Mat 10:18 Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.

Mat 10:19 Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga.

Mat 10:20 Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

Mat 10:21 Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka.

Mat 10:22 Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Mat 10:23 Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

 Renungan

Seorang pastor membagikan pengalaman pastoralnya mendampingi keluarga yang terancam cerai. “Suatu malam, saya dipanggil mendamaikan keluarga yang sedang bertengkar hebat dan mau bercerai. Saya tidak tahu lagi apa yang harus dikatakan, sebab hanya ledakan emosi kedua pihak yang muncul. Saya berdoa kepada Tuhan, supaya diberikan hikmat, apa yang harus saya katakan. Dalam doa, saya diberikan petunjuk agar memohon Tuhan mengusir roh jahat dari mereka, Setelah berdoa demikian dan memberi  nasihat, mereka pun tenang dan tak jadi bercerai.

Peristiwa itu mengingatkan kita akan kata-kata Yesus hari ini: “Janganlah khawatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kalian katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada waktu itu juga. Karena bukan kalian yang berbicara, melainkan Roh Bapamu” (Mat. 10:19-20).

Dalam situasi sulit, kita sering khawatir. Kita menggunakan segala kemampuan manusiawi untuk menyelesaikan masalah. Kadang kita khawatir, apakah kata-kata kita kasar, meyinggung orang, membuat orang marah atau tidak memecahkan masalah sama sekali. Tetapi, dengan berdoa, Roh Allah membantu kata-kata yang keluar dari mulut kita. Hasilnya menakjubkan. Doa memang merupakan bantuan yang tak ternilai dalam menyelesaikan berbagai perkara sulit. Percayakah kita?

Ya Tuhan, semoga Roh Kudus-Mu menolong aku untuk menyampaikan kata-kata yang tepat bagi orang yang membutuhkan . Amin.

========

Sumber: Ziarah Batin 2016

Kredit Foto:pendoasion.wordpress.com

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close