Urbi

Paroki Amban dan Puskesmas Kerjasama Adakan Pemeriksaan Gratis

PEMERIKSAAN dan Pengobatan Kesehatan gratis kembali digelar oleh Dewan Paroki St. Thomas Aquinas – Amban, Manokwari pada Sabtu (23/7). Berlokasi di auditorium paroki, 25 orang umat turut diperiksa dalam kegiatan yang digelar mulai 09.00 hingga 11.00 WIT. Acara ini didampingi oleh 3 staf dari Puskemas Amban (PEMDA KAB. Manokwari – Dinas Kesehatan) dan dr. Johanis M. Panggelo. Pemeriksaan melingkupi kolesterol, gula darah, asam urat dan darah tinggi.
“Program ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit yang tidak menular yang potensial di masyarakat. Kami temukan bahwa asam urat menjadi penyakit dominan yang alami oleh umat (mayoritas umat berusia 30 tahun ke atas),” ujar dokter yang sudah empat tahun melayani di puskesmas setempat ini.
Menurut koordinator program, Virginia Awairaro, kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap bulan dan diharapkan dapat menyadarkan umat untuk turut serta peduli akan kesehatannya. Setelah pemeriksaan, umat juga diberikan kartu kontrol kesehatan. Melalui kegiatan ini, Puskesmas Amban dapat memiliki data kesehatan masyarakat, sehingga dapat membantu pihak terkait dalam penanganan kesehatan di Manokwari.
Artikel dan foto: Agustinus Lebang, kontributor Manokwari
Penyunting: Kevin Sanly Putera, S.I.Kom.
Tags

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close