HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Rabu: 05 Oktober 2016, Luk. 11:1-4

LUK 11:1 Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: “Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.”

Luk 11:2 Jawab Yesus kepada mereka: “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.

Luk 11:3 Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya

Luk 11:4 dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan.”

Renungan

Paulus sebagai pewarta Injil menghargai Petrus sebagai murid pendahulu. Oleh karena itu, ia mengunjungi Yerusalem untuk berjumpa dengan Yakobus dan Kefas. Dalam kunjungan tersebut ada pembagian tugas yang jelas di antara mereka, bahwa Petrus adalah pewarta bagi orang-orang yang bersunat, sedangkan Paulus untuk orang-orang tak bersunat. Demikian pula para murid  Yesus, kala mereka meminta untuk diajarkan berdoa, mereka mengacu pada Yohanes: “Tuhan, ajarilah Kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-murid-Nya.” (Luk.11;1).

Rupanya dalam pewartaan Injil, Allah tidak hanya memakai diri kita sendiri. Bukan hanya Anda atau bukan hanya dia yang bisa dipakai oleh Allah. Allah memakai siapa pun seturut kehendak-Nya. Oleh karena itu sejak semula Yesus membangun sebuah komunitas para rasul. Komunitas yang memungkinkan kita dapat saling melengkapi, saling mengembangkan dan saling meneguhkan. Komunitas menjadi tempat seluruh pewartaan Injil dijabarkan dalam kehidupan.

Ya Bapa, Engkaluah Allah yang hidup dalam persekutuan bersama Putra dan Roh Kudus. Aku mohon berkatilah komunitas persekutuanku, khususnya di rumah di Gereja, dan di  tempat aku berkarya, sehingga kasih dan pengampunan-Mu senantiasa melingkupi aku dan komunitasku. Amin.

=============

Sumber: Ziarah Batin 2016

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close