HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Selasa: 25 April 2017 (Mrk. 16:15-20)

eberapa kali Petrus ditegur Yesus karena prilaku dan kata-katanya yang sembrono. Walaupun berangasan (lekas emosi), namun Petrus orang yang redah hati, mau ditegur, bukan hanya oleh Yesus numun juga oleh Paulus, yuniornya. Karena itulah maka Yesus mempercayakan pimpinan Gereja kepadanya. Kita membaca nasihat yang keluar dari pengalaman pribadinya dalam bacaan pertama hari ini : “Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya pada waktunya kamu ditinggikan oleh-Nya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

Gereja dibangun oleh Allah. Namun Allah menggunakan orang – orang yang mau bekerja sama dengan-Nya. Kita bersyukur dalam sejarah Gereja para rasul menyebut nama-nama pribadi sama dengan yang dekat dengan mereka, yang rela bekerja sama dengan mereka. Petrus menyebut Markus “anakku“, menunjukkan hubungan yang sangat dekat,. Memang mungkin Markus menjadi Katolik karena Petrus. Markus kemudian juga mengikuti Paulus dalam perjalanan pewartaan-Nya yang pertama (bdk. Kis. 13:5), walaupun kemudian rupanya tidak cocok dan meninggalkannya. Markus kemudian menulis injil yang kita kenal, rupanya yang paling tua di antara ke empat injil yang lain. Hari ini kita merayakan pestanya.

Pesan yang mau kita ambil bahwa percaya kepada Yesus berarti mau diajak bersama-Nya untuk membangun Kerajaan Allah. Mau diutus pergi mewartakan bukan hanya secara fisik, namun yang terpenting dalam hidup sehari – hari kita peduli pada urusan Kerajaan Allah, yang tak lain adalah pertobatan manusia kepada Tuhan dan keselamatan mereka. Gereja adalah tubuh Kristus, kita adalah kaki dan tangan-Nya.

Ya Tuhan, aku siap diutus untuk menjalankan misi Kerajaan Allah dengan segala potensi dan kemampuan yang ada padaku. Semoga Engkau menyempurnakannya selalu. Amin.

 

Sumber: Ziarah Batin 2017

Kredit Foto: Yesus memanggil Petrus/WordPress.com

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close