KEPEMUDAANKOMISI-KOMISIKWI

Persiapan AYD di Palembang Jos!

“Asian Youth Day Joss.. Joss..
Indonesia Joss..”
Jargon ini membahana di Pendopo Paroki Santo Petrus palembang. Minggu (28/5) sekitar 120an Orang Muda Katolik Dekenat 1 Keuskupan Agung Palembang hadir dalam ‘Joyful Rosary’ yakni Rosario bagi orang muda katolik yang ada di keuskupan agung palembang dalam rangkaian acara persiapan menuju Asian Youth Day 2017.
Meskipun cuaca hujan namun tidak mematahkan semangat bagi kawula muda dekenat 1 untuk berkumpul dan berdinamika. Acara diawali dengan Animasi dan Dinamika untuk membangkitkan semangat para peserta yang hadir. selanjutnya acara diawali dengan Ibadat sore yang dipimpin oleh RD Tugiyo, Moderator OMK Dekenat 1 Palembang. Dalam renungan singkatnya, romo tugiyo mengatakan bahwa apa yang kita imani selama ini sungguh mengantar kita kepada keselamatan sejati karena Allah memakai kita untuk karya keselamatan melalui perantaraan Bunda Maria kita bersama memuliakan Tuhan. Dengan dipimpin oleh Roh Allah kita memohon karunia Roh Allah untuk memohon karunia Roh Kudus, Berdoa dalam Roh dan kebenaran, sehingga bisa mengatakan sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan, Terjadilah padaku menurut perkataanMu. Semoga kita semua mampu memiliki iman yang tangguh seperti Bunda Maria agar boleh menimba inspirasi dalam menyambut Asian Youth Day 2017 agar sukses dan iman kita teguh, harap Romo Tugiyo.
Usai renungan singkat, ibadat dilanjutkan dengan mendaraskan doa Rosario Bersama untuk sukses terselenggaranya Asian Youth Day 2017 secara umum dan suksesnya Days in Diocese Archdiocese of Palembang (DID AYD) dimana Keuskupan Agung Palembang juga dipilih menjadi tuan rumah live ini bagi 8 keuskupan yakni Keuskupan India, Keuskupan Malaysia, Keuskupan Agung Palembang, Keuskupan Agung Medan, Keuskupan Padang, Keuskupan Tanjung Karang, Keuskupan Pangkal Pinang dan Keuskupan Sibolga.
Hadir pula dalam ‘Joyful Rosary’, RP Blasius Sukoto SCJ Moderator Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Palembang yang juga sebagai ketua panitia DID AYD 2017. Beliau memberikan sambutan singkat selesai rosario. Romo sukoto berharap semua yang terlibat dalam DID AYD KAPal mau menyatukan ide dan pendapat dalam perhelatan DID AYD KAPal yang tinggal beberapa waktu lagi. Dikesempatan ini juga romo sukoto berterimakasih kepada setiap paroki dan seksi yang sudah dibentuk untuk membantu mempersiapkan acara DID AYD KAPal 2017 ini.
RP Wahyu Tri Haryadi SCJ sebagai sie acara DID AYD KAPal pun memberikan keterangan tentang Asian Youth Day dan DID AYD. “gereja katolik memiliki media untuk mewartakan sukacita lewat berbagai pertemuan seperti salah satunya adalah Asian Youth Day ini. acara ini merupakan acara rutin 3 tahun sekali dengan tujuan untuk memperomosikan budaya solidaritas dikalangan OMK Asia dan membangun kesadaran yang mendalam mengenai tugas mereka di gereja dan masyarakat. Tema AYD 2017 yang diselenggarakan di Indonesia sebagai tuan rumah dan Keuskupan Agung Semarang sebagai center acara pada tanggal 30 juli – 6 agustus mendatang adalah Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia. Maksudnya adalah bahwa kita hidup bersama dengan orang yang beda dan beragam budanyanya. Nah disini kita diharapkan mampu membagi kebudayaan kita, sukacita kita bagi negara asia yang akan mengunjungi kita demikian mereka juga akan membagi kebudayaan mereka untuk kita. Nah apa yang terjadi dengan KAPal? Ini adalah pekerjaan gereja di Keuskupan Agung Palembang dan bukan ‘tamu’ komkep saja. Apa yang harus dibuat dan bagaimana paroki bekerja sama dengan panitia yang sudah dibentuk, tutur Romo Wahyu.
Selanjutnya Pyndhi dari Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Palembang memberikan materi tentang rangkaian acara dan kegiatan yang akan dilakukan selama DID AYD KAPal pada bulan Juli – Agustus mendatang dimana akan ada 251 peserta dari berbagai negara dan keuskupan regio sumatera akan live in di Palembang ini.
Rangkaian acara pun diakhiri dengan Deklarasi Kesiapan OMK Dekenat 1 Palembang dalam mensukseskan Days in Diocese Archdiocese of Palembang.

 

**Octa Sianturi/Aldian Sinurat

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

One Comment

  1. Asian Youth Day Joss.. Joss.. Indonesia Joss… Kami tunggu di Bumi Sriwijaya, Palembang..
    Salam Wong Kito Galo ?

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close