Urbi

Asian Youth Day 2017 – Semarak Persiapan Registrasi Peserta AYD di Jogja Expo Center

SUASANA seputaran Jogja Expo Center (JEC) pagi ini, Rabu (2/8/2017) terlihat semarak. Mulai dari depan JEC, tepatnya di sepanjang Jalan Raya Janti Sleman, beberapa spanduk besar bertuliskan ucapan selamat datang kepada peserta dan para tamu AYD  terpampang rapi. Ratusan umbul-umbul juga ikut dipasang, semakin menambah semarak suasana seputaran JEC.

Masuk di pintu utama JEC, para petugas dan penerima tamu sudah bersiap menyambut rombongan peserta AYD yang datang menggunakan bus besar. Sejumlah besar petugas keamanan juga tampak sudah berjaga.

Memang tidak mudah bagi siapapun untuk masuk ke area JEC. Mengingat event Asian Youth Day 2017 ini berskala internasional, maka tingkat pengamanan diperketat. Siapa saja yang masuk ke area JEC sudah pasti akan diperiksa petugas.

“Setiap pengunjung wajib melapor, memberitahu identitasnya dan maksud kehadirannya di JEC”, kata Galih, seorang petugas yang ikut menerima dan membantu registrasi tim media mirifica.news.

Kepada setiap pengunjung yamg telah melakukan registrasi, panitia akan memberikan kartu tanda pengenal untuk dipergunakan selama berada di dalam JEC.

Sesuai petunjuk yang ada, setelah registrasi umum peserta kemudian akan diarahkan menuju meja registrasi khusus di teras JEC. Ada meja registrasi untuk peserta AYD dari South East Asia seperti Brunei Darusalam, Laos, Cambodia, Myanmar, Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste.

Meja Registrasi lainnya dikhususkan untuk peserta dari East Asia dikhususkan bagi peserta AYD dari Hongkong, Japan, Macau, South Korea, dan Taiwan dan South Asia seperti Bangladesh, India, Pakistan dan Nepal.

Dekorasi Unik

Pintu utama menuju Bima Hall didekorasi secara unik dengan menggunakan sabut kelapa sebagai bahan utama/Foto: KomsosKWI

Semarak registrasi peserta AYD 2017 pagi ini juga ditandai dengan dekorasi unik yang mayoritas menggunakan sabut kelapa. Seperti terlihat pada pintu utama menunu Bima Hall, tempat peserta AYD berkumpul nanti. Bahan pintu gerbang ini dilapisi dengan sabut kelapa. Ada juga Juga ukiran binatang kecil semacam semut yang berbahan sabut kelapa.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan panitia AYD 2017, registrasi peserta akan dilaksanakan tepat pkl. 09.00 WIB. Registrasi peserta akan selesai pada pkl. 12.00,  dilanjutkan dengan makan siang hingga pkl. 14. 30. Selanjutnya, acara hari ini berturut-turut adalah games, group sharing DID, Theme Song, animasi yang dimulai pkl. 14.30 sampai pkl. 15.30. Kemudian pkl. 15.30- 16.00 persiapan perayaan ekaristi pembukaan. Pkl. 16.00 sampai pkl. 18.00 perayaan ekaristi pembukaan.

Selesai perayaan ekaristi pembukaan, peserta AYD akan istirahat sejenak dan kemudian makan malam bersama. Lalu pada pkl. 19. 30 sampai Pkl. 21. 30 nanti, acara yang ditunggu-tunggu, yakni pembukaan yang ditandai dengan performance dari Indonesia selaku tuan rumah AYD 2017. Selain itu, ada juga performance dari perwakilan regio Asia Selatan dan Asia Timur serta testimoni 5 orang muda yang mewakili 5 regio. Acara hari ini akan ditutup dengan distribusi akomodasi dan persiapan country exhibit.

 

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Aritikel Terkait

Back to top button
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share