KWI

Penyambutan Uskup-Salve Mgr. Adrianus Sunarko, OFM

MIRIFICA.NEWS, PANGKALPINANG – Keuskupan di Sumatera Barat ini mengawali rangkaian tahbisan uskup terbarunya, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM dengan Salve Agung si Gereja Sta. Bernadeth, Pangkalpinang, sore ini.

Selain para uskup dan imam, biarawan/ti Fransiskan, ibadat juga dihadiri oleh Sekretaris Duta Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo. Beliau tiba di Kepulauan Bangka pagi tadi, bersama dengan sejumlah uskup, seperti Mgr. Hilarion Datus Lega, Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Mgr. Paskalis Bruno, dan Mgr. Agustinus Agus.

Penyambutan diramaikan dengan Tari Sepintu Sedulang khas Bangka, lengkap dengan partisipasi Gerakan Pemuda Ansor di bagian keamanan. “Partisipasi umat lintas agama dijunjung tinggi karena bapa uskup mau, perayaan ini menjadi kegembiraan bersama masyarakat Bangka,” kata Handi, staf Komisi Komsos Pangkalpinang. Keikutsertaan ini juga terlihat besok pada tari kolosal oleh penganut berbagai agama, termasuk Konghucu.

Sekretaris Duta Vatikan untuk Indonesia disambut Tari Sepintu Sedulang di Kantor Keuskupan Pangkalpinang, siang ini

Mgr. Martinus Situmorang, OFM Cap. yang memimpin ibadat Salve Agung, menyinggung mengenai moto penggembalaan yang dipilih Mgr. Adrianus. “Saya bertanya kepada beliau (Mgr. Adrianus), “Berapa lama sampai moto ini ditetapkan?” Beliau menjawab tidak lama. Saya yakin (pemilihan itu cepat) karena dia ahli teologi. Laetantur Insulae Multae. Biarlah pulau-pulau bersukacita,” ungkapnya dalam homili singkat sebelum pemberkatan insignia.

Ketika artikel ini ditulis, ibadat insignia baru usai dan dilanjutkan dengan ramah tamah khusus para uskup bersama Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah.

Live Streaming yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Komisi Komsos KAJ dapat disaksikan di sini.

Tags

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close