BERITAKOMSOS KWIKWI
Trending

Rekomendasi Peserta Lokakarya Manajemen Radio Pewartaan

Puji syukur kepada Tuhan karena atas perkenanan-Nya kami telah menyelenggarakan Lokakarya Manajemen Radio Pewartaan yang diadakan di Gedung Widya Kartika LKD Keuskupan Surabaya, 24-26  April 2019 .

Lokakarya ini diselenggarakan oleh Komisi Komsos Konferensi Waligereja Indonesia dalam kerjasama dengan Komisi Komsos Keuskupan Surabaya sebagai panitia lokal. Lokakarya ini melibatkan 23 orang peserta yang menangani radio, rumah produksi siaran dan radio komunitas katolik.

Lokakarya dibuka oleh Vikjen Keuskupan Surabaya, RD. Yoseph Eko Budi Susilo. Rangkaian proses selama lokakarya didampingi oleh 2 narasumber yakni Errol Jonathans (direktur Radio Suara Surabaya) dan Frans Padak Demon (Konsultan VOA). Dalam lokakarya ini, para peserta sepakat membentuk jaringan radio katolik Indonesia dengan nama: Forum Diskusi Radio Katolik.

Kami yakin, radio tetap memiliki pendengar setia sehingga Gereja mesti tetap menjadikannya sebagai salah satu media pewartaan. Forum Diskusi Radio Katolik hendak menyampaikan rekomendasi kepada keuskupan, tarekat dan awam katolik:

  1. Radio terbukti masih efektif sebagai media pewartaan iman katolik. Karena itu, keuskupan, tarekat dan awam katolik pemilik/pengelola radio diharapkan untuk menjadikan pewartaan melalui radio sebagai bagian integral dari karya pastoral.
  2. Keuskupan, tarekat dan awam katolik pemilik/pengelola radio meningkatkan perhatian terhadap pewartaan melalui radio. Perhatian terutama dalam peningkatan kompetensi para pelaku penyiaran, kaderisasi Sumber Daya Manusia (SDM), penyediaan sarana dan dukungan finansial.
  3. Melalui Forum Diskusi Radio Katolik, para pengelola radio dan program siaran pewartaan sepakat untuk berjejaring dan mengembangkan kerja sama dalam bidang manajemen radio dan produksi program siaran.
  4. Meminta Komisi Komsos KWI untuk mendampingi Forum Diskusi Radio Katolik.
  5. Meminta Komisi Komsos KWI untuk menyediakan ruang pada mirifica.net, tempat para pengelola radio dan program siaran berbagi konten siaran radio.

Demikian rekomendasi ini dibuat sebagai hasil dari diskusi para peserta Lokakarya Manajemen Radio Pewartaan.

Surabaya, 26 April 2019

Peserta Lokakarya Manajemen Radio Pewartaan

 

Tags

RD. Kamilus Pantus

Imam diosesan (praja) Keuskupan Weetebula (Pulau Sumba, NTT); misiolog, lulusan Universitas Urbaniana Roma; berkarya sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI, Juli 2013-Juli 2019

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close