BERITA

Jadi Public Speaker Dengan Vokal Bulat, Maukah?

BANDAR LAMPUNG, MIRIFICA.NET – Setelah sesi makan siang hari ini, para peserta diajak narasumber Lokakarya Public Speaking, Errol Jonathans berkumpul dan mengatur barisan karena bersama-sama akan berlatih olah vokal, latihan ini dimaksudkan agar para peserta mengerti dasar-dasar gerakan, sehingga mampu mengasah vokal agar bulat dan melatih diafragma public speaker, para calon agen kabar baik.

Peserta menyimak arahan senam Vokal

Para peserta dan beberapa panitia mengikuti seluruh arahan dari instruktur sekaligus narasumber dalam lokakarya ini, Errol Jonathans. Mereka berjumlah kurang lebih 50 orang dari berbagai Paroki dan komisi dan tarekat, terlihat kompak meyelaraskan informasi arahan dan contoh gerakan yang terlebih dahulu diperaktekan oleh Errol. Dengan seksama memperhatikan dan mencoba mempraktekan setiap gerakan dengan benar, Errol pun sesekali tampak memberi perhatian kepada satu persatu peserta untuk memeriksa apakah gerakan dan bunyi suara yang mereka hasilkan sudah sesuai, karena dibutuhkan fokus dan stamina yang prima untuk berlatih senam vokal ini.

CEO Radio Suara Surabaya, Errol Jonathan memberikan arahan senam Vokal

Terdapat 15 gerakan dasar yang diajarkan pada sesi materi olah vokal dalam lokakarya ini, gerakan-gerakan ini dimaksudkan agar setiap peserta yang nantinya akan menjadi para duta komunikasi dalam Paroki ini dapat memberikan karya terbaik dari berbagai aspek termasuk ”vokal suara”, salah satu aspek penting yang berperan bagi para duta agar dapat mempengaruhi orang lain dengan informasi yang benar dan bermanfaat.

Berikut nama-nama gerakan dasar senam olah vokal tersebut:

  1. Lion Face
  2. Mengurut Rahang
  3. Melipat Lidah ke Atas
  4. Melipat Lidah ke Bawah
  5. Lidah Menyapu Bibir
  6. Motor Boat
  7. Mengatupkan Gigi
  8. Gerakan Leher
  9. Pijat Tenggorokan
  10. Memutar Bahu
  11. Sayap Malaikat
  12. Ping Pong
  13. Nafas Panjang
  14. Pif Paf
  15. Meraih Bintang

Errol menyampaikan bahwa gerakan-gerakan diatas perlu dilakukan setiap hari selama kurang lebih 40 menit agar dapat memberikan hasil yang maksimal. Semua mudah hanya dibutuhkan komitmen jika ingin mewujudkan impian memiliki vokal yang bulat. Melatih dan membentuk intonasi, aksentuasi, artikulasi dan kecepatan berbicara yang baik memang perlu waktu namun semua tidaklah sulit, sekali lagi hanya perlu komitmen.

Pertanyaannya apakah anda mau mewujudkannya?

”Agen kabar baik, hanya komitmen yang diperlu”

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close