BERITA
Trending

Signis Indonesia Selenggarakan Seminar Bagi OMK Padang

MIRIFICA.NET, PADANG – Signis Indonesia menyelenggarakan seminar tentang peran media sosial (Medsos) bagi Orang Muda Katolik (OMK) di Keuskupan Padang, Minggu, 16/2/2020). Materi ini dibawakan oleh Agatha Lidya Natalia Saragih, anggota badan penasehat orang muda Internasional dari Indonesia.

Mengawali seminar ini, Ketua Komisi Komunikasi Sosial (Komsos), Pastor Bernard Lie, Pr mengapresiasi peran Signis Indonesia dengan menghadirkan pemateri yang handal serta memberi motivasi kepada kaum muda di Keuskupan Padang yang hadir dalam seminar ini. Baginya peran orang muda untuk mengenal dan menggunakan media komunikasi perlu dibangun secara benar sebagai sarana pewartaan.

“Orang muda perlu memahami dan menggunakan media sosial secara benar. Hal utama yang bisa dilakukan adalah menggunakan media sebagai sarana pewartaan,” tuturnya.

Signis Indonesia, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia
Dok: Rm. Ino Nahak Berek-Komsos Atambua

Bertepatan dengan kegiatan ini, Presiden Signis Indonesia, RD Steven Lalu menjelaskan arti kata Signis kepada peserta yang belum dipahami secara benar. Kata Signis artinya api. Secara lebih luas dimaknai sebagai spirit untuk menyebarkan semangat pewartaan injil kepada orang lain. “Sebarkan nilai-nilai cinta kasih dengan media sosial. Seperti api yang membakar dan memberi semangat dengan menghadirkan kasih Allah bagi sesama,” kata Romo Steven.

Penegasan lanjut dari Romo Steven agar orang muda dibiasakan untuk menggunakan media secara benar. Termasuk juga mendengarkan radio sebagai salah satu media pewartaan.

“Banyak imam masuk juga sebagai pegiat medsos. Mari kita bersama bekerja untuk sebarkan semangat pewartaan kasih dan api cinta bagi sesama. Jika anda tidak ceritakan kebaikanmu lewat media, maka keburukanmu akan diceritakan orang lain. Jika Gereja tidak sebarkan nilai-nilai baik. Maka industri media lain akan sebarkan keburukan. Kita ikut bertanggung jawab di dalam media sebagai sarana pewartaan,” kata Romo Steven penuh harap.

Agatha Lidya pun mengaku bangga karena kehadiran OMK memberi pesan positif untuk mengetahui penggunaan media secara benar sebagai generasi Z yang eksis di tahun 2000-an ini. Ia memperlihatkan seberapa banyak peminat yang menggunakan media secara tepat dan bertanggung jawab. Harapannya agar orang muda dapat mengenal perkembangan media jaman kini secara tepat.

“Kaum milenial melihat media tidak saja sebagai sarana hiburan semata tapi lebih jauh dimaknai secara tepat untuk saling memotivasi satu sama lain bukannya saling membully,” imbuhnya.

Signis Indonesia, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia
Dok: Rm. Ino Nahak Berek-Komsos Atambua

Pesan Agatha lebih mendalam dalam seminar ini, agar lewat media dibangun toleransi satu sama lain dan membangun persaudaraan sejati. “Mari kita membangun komunikasi sosial secara bijak dan menyebarkan pesan-pesan positif. Lewat media akan dibentuk pengembangan diri secata matang walaupun banyak tantangan,” lanjutnya.

Hadir dalam seminar ini para peserta utusan dari setiap Keuskupan anggota Signis serta observer dan lembaga lainnya yang giat di medsos serta orang-orang muda yang tergabung dalam organisasi Katolik di Keuskupan Padang. Akhir dari rangkaian kegiatan ini, Presiden Signis Indonesia, Romo Steven memberikan kenang-kenangan untuk Agatha Lidya yang telah bersedia hadir meberikan materi dalam seminar ini.

Baca juga: Rapat Signis di Padang: Ajak Orang Muda Bangun Persaudaraan Insani 

Tags

RD. Ino Nahak

Imam Diosesan Keuskupan Atambua, Sekretaris Komisi Komsos, Penulis dan Fotografer

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close