KATEKESETeladan Kita
Trending

Santo Yohanes Vallombrosa : 10 Maret

YOHANES Vallombrosa dikenal juga dengan nama Beato Giovanni Delle Celle dan Beato Yohanes dari Tritunggal Maha Kudus. Ia adalah seorang biarawan Benediktin Vallombrosan yang hidup pada awal abad ke-4. Yohanes gemar membaca buku-buku Okultisme (perdukunan) sehingga ia terjerumus melakukan praktek sihir dan Okultisme secara diam-diam.

Ketika praktek terlarang nya ketahuan, Yohanes segera dibawa kehadapan para pembesar Biara Vallombrosan di Florence Italia. Awalnya Yohanes membantah telah mempelajari dan mempraktekkan ilmu perdukunan, namun akhirnya ia mengaku juga. Ia lalu dihukum menjadi tahanan dalam sel pertapaan biara dan diawasi dengan ketat.

10 Maret, katekese, katolik, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Para Kudus di Surga, putera allah, Santa Fransiska dari Roma, Santa Perpetua dan Santa Felisitas, Santo Filemon, santo santa, Sukacita, teladan kita

Kesendirian dalam sel pertapaan membawa Yohanes pada penyesalan dan pertobatan. Ia menyadari perbuatannya yang melawan ajaran iman dan bertobat. Demi menebus dosa-dosanya, Yohanes  menjalani penitensi dengan berpuasa dan bertapa dengan keras selama bertahun-tahun.

Melihat kesungguhan pertobatan Yohanes, setelah beberapa tahun para pengawasnya sepakat bahwa ia dapat kembali ke dalam komunitas biara. Namun Yohanes menolak pengampunan hukumannya. Hidup dalam keheningan sel pertapaan dalam doa dan meditasi selama bertahun-tahun, telah memikat hatinya. Ia lebih memilih untuk tetap tinggal disitu sampai akhir hayatnya.

Selama hidupnya, Yohanes banyak menulis dan menjadi seorang penulis rohani yang terkenal. Ia juga menerima karunia penglihatan. Beberapa saat sebelum ia berpulang, Yohanes menerima penglihatan dari Santa Chaterina Sienna.

Beato Yohanes Vallombrosa tutup usia dengan tenang pada tahun 1395 dalam sel pertapaan biara induk Benediktin Vallombrosan, di Florence Italia.

Sumber: Katakombe.org

Inspirasimu: Santa Fransiska dari Roma : 09 Maret

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close