BERITA
Trending

Ibadat Salve Agung Uskup Ruteng Mgr.Siprianus Hormat

MIRIFICA.NET, RUTENG – Uskup Denpasar, Mgr. Silvester San bertindak memimpin ibadat Salve Agung jelang tahbisan gembala terpilih Keuskupan Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat. Dengan diangkatnya uskup Ruteng ini menandakan selesailah sudah tugas kegembalaan Mgr Silvester San bagi umat Katolik di Ruteng yang sudah berjalan dalam kurun waktu 2 tahun terakhir semenjak Mgr. Hubertus Leteng yang mengundurkan diri sebagai Uskup Ruteng pada 11 Oktober 2017 lalu.

Mulai pukul 16:00 WITA, para uskup, biarawan/biarawati, para undangan serta umat terlihat mulai berdatangan di Gereja Katedral St. Maria Assumpta & St.Yosef, Keuskupan Ruteng. Tepat pukul 17:00 saat perarakan pembuka menuju Altar, menandakan dimulainya prosesi iman ibadat Salve Agung. Salve Agung merupakan satu dari tiga rangkaian acara besar yang diselenggarakan untuk menyambut Uskup baru Keuskupan Ruteng, selain acara puncak Perayaan Ekaristi Penahbisan Uskup dan Misa Pontifikal.

Selepas homili singkat dari Pater Otto Gusti Ndegong Madung SVD, Ketua STFK Ledalero. Mgr. Siprianus Hormat berjalan ke tengah Altar untuk mengucapkan pengakuan iman dan janji kesetiaan uskup, disaksikan oleh Bapa Kardinal Ignasius Suharyo dan seluruh hadirin yang hadir, Mgr. Siprianus Hormat mengucapkannya dengan penuh iman dan suara lantang. Bersamaan dengan itu dilakukan pemberkatan Insignia uskup seperti mitra, cincin, tongkat dan kalung Salib.

18-19 Maret 2020, Bapa Kardinal Suharyo, katekese, Keuskupan Ruteng, KLSD KWI, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, Mgr. Siprianus Hormat, Para Uskup Indonesia, Perawan Maria, Perayaan Santo Yusuf, Tahbisan Uskup Ruteng, Uskup Ruteng
Dok: Komsos

 

 

 

 

Mgr. Siprianus Hormat berjanji untuk selalu berusaha dalam melaksanakan tugas pengembalaan yang diwariskan para rasul terhadapnya tetap murni dan utuh akan kebenaran-kebenaran yang harus diterima dan dikenakan manusia dalam bertingkah laku, diajarkan dan dijelaskan sebagaimana Gereja mengajar umat Allah sehingga persatuan Gereja Universal tetap terjaga.

Mgr. Sipri merupakan uskup kelima di Keuskupan Ruteng tercatat setelah keempat pendahulunya yakni Mgr Wilhelmus van Bekkum SVD (1961-1972), Mgr Vitalis Djebarus SVD (1973-1980) kemudian ia melanjutkan kegembalaannya sebagai Uskup Keuskupan Denpasar, Mgr Eduardus Sangsun SVD (1985-2008), Mgr Hubertus Leteng (2009-2017). Tongkat gembala kini diserahkan kepada Mgr.Siprianus Hormat, menandakan dimulainya lembaran baru sejarah penggembalaan umat di Keuskupan Ruteng.

Persiapan untuk menyelenggarakan perhelatan agung ini telah berlangsung sejak pengumuman tersebut disampaikan kepada umat. Seluruh Gereja di Keuskupan Ruteng ikut ambil bagian berpartisipasi menyambut kehadiran gembala utama baru mereka. Hari ini akan dilaksanakan puncak acara pentahbisan, sosok gembala yang ramah ini akan secara resmi menggembalakan umat Katolik di Keuskupan Ruteng, yang tersebar di tiga kabupaten di Flores bagian barat, yaitu Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. (Stefani Ira)

Baca juga: Exclusive “Omnia In Caritate” – Perasaan Uskup Terpilih Keuskupan Ruteng

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close