BERITA
Trending

PRESS RELEASE: Surat Cinta untuk Orang Muda Katolik (Mgr. Pius Riana Prapdi, Ketua Komisi Kepemudaan KWI)

MIRIFICA.NET – Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga. Gaudium et Spes, 1)

Dunia saat ini menderita karena wabah Corona atau Covis-19. Hingga kini, diperkirakan kasus virus corona di seluruh dunia telah mencapai 593.656 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 27.215 orang.

Saat Doa dan Berkat Suci Urbi et Orbi (27 Maret 2020), Paus Fransiskus mengatakan bahwa kita kini berada dalam perahu yang sama, terperangkap dalam badai besar. Kita diminta untuk bersatu dan percaya pada rencana dan kehendak Allah. Badai membuka kebiasaan dan kelemahan kita. Badai membuka hati kita untuk menyeimbangkan hidup kita dengan hati kita. Dengan badai, terungkaplah tipuan-tipuan kita yang ditutup dengan egoisme. Dalam masa Prapaskah ini, kita diingatkan untuk kembali dan percaya kepada-Nya serta rencana keselamatan-Nya. Kini adalah saat untuk melihat dan memperhatikan satu sama lain. Yesus membangunkan kembali iman kita.

28 Maret, Mgr Pius Riana Prabdi, OMK, Orang Muda Katolik Indonesia, Ketua Komkep KWI, KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, Komsos KWI, Covid - 19

Demikian juga di Minggu Prapaskah Pekan V ini, Mgr. Pius Riana Prapdi, ketua Komisi Kepemudaan KWI, mengeluarkan surat cinta pada Orang Muda Katolik (OMK). Surat cinta ini mengajak orang muda  untuk  bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia yang telah bertekad untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Orang Muda Katolik dipanggil untuk menjadi  pemeran utama dalam upaya memutus rantai Covis-19 ini dengan cara ikut peka terhadap situasi lingkungan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan orang muda untuk memutus rantai covis-19 ini pun diungkapkan Mgr. Pius diantaranya diam di kos/rumah, terutama tidak mudik/pulang kampung halaman, menunda dulu pertemuan, rapat atau acara yang dihadiri banyak orang (lakukan dulu dengan online atau teleconference), membatasi diri untuk berkumpul secara fisik dengan teman-teman, menjaga stamina dengan makan sehat, tetap olah raga, berpikir positif, menjaga jarak sekitar 1.5 (satu setengah) meter dari orang lain.

Ketua Komisi Kepemudaan KWI ini juga mengajak orang muda dengan kreatifitas dan energinya berani mengulurkan bantuan pada sesama. “Jangan biarkan satu orang pun tercecer dan merasa ditinggalkan dalam kesusahan dan kelaparan.” Dalam surat cinta ini pun diajak supaya orang muda menggunakan fasilitas komunikasi yang dimiliki untuk membantu mereka yang kesulitan dan terdampak, misalnya info akses bantuan makanan gratis bagi kelompok lanjut usia, disabilitas, dan kelompok miskin yang terganggu kehidupan  ekonominya karena Covid-19.

Dalam penutup surat cinta untuk orang muda ini Mgr. Pius meminta orang muda tidak takut karena Tuhan selalu menyertai.

Surat Cinta pada Orang Muda Katolik-2

-Komisi Kepemudaan KWI-

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close