BERITA
Trending

Selamat Jalan RD. Agustinus Widodo, RD. Yuventius Ndito Martawi & Suster M Agnes Triharti, O Carm

MIRIFICA.NET – Sr. M. Agnes Triharti Tirtosoemarta, OCarm seorang Rubiah Biara Pertapaan Karmel St. Joseph Tangkiling Palangka Raya telah meninggal dunia pada Minggu 7/6/2020, pkl. 07.57 WIB. Suster Kelahiran Boro, Jawa Tengah, 17 November 1942 ini menghembuskan napas terakhir di Biara dalam usia 78 tahun.

Selama lima puluh tahun, ia hidup sebagai seorang Biarawati Rubiah Karmelites. Kaul pertama sebagai Suster Kontemplatif diikrarkannya pada 6 Mei 1970 dan Kaul Kekal pada 06 Juni 1976. Pada 6 Mei 2020 lalu, ia merayakan Pesta Emas sebagai seorang Biarawati.

Pimpinan Biara Pertapaan Karmelites Tangkiling, Sr. M. Dorothea Yekti Handayani, OCarm memberikan konfirmasi atas berita ini. Sejak awal, informasi dari pimpinan Biara ini selalu disampaikan kepada pihak Keuskupan. Berikut ini kronologis saat-saat menjelang kepergian Sr. M. Agnes, OCarm.

Pada tanggal 14 Mei 2020, Sr. Agnes dibawa ke Rumah Sakit Betang Pambelum Palangka Raya oleh pimpinan Komunitas, Sr. Dorothea karena mengeluh sakit tulang belakang. Ia terjatuh dari kursi roda pada waktu doa Rosario bersama.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak RS menunjukkan nyeri hebat pada punggungnya. Selain itu, ditemukan juga gejala penyakit Miom dan Pneumonia. Sejak saat itu, ia menjalani perawatan intensif di RS Betang Pambelum Palangka Raya.

Pada tanggal 22 Mei 2020, ia menerima Sakramen perminyakan di Rumah Sakit. Melihat kondisi fisik dari hari ke hari semakin melemah, pihak-pihak terkait memutuskan bahwa Sr. Agnes menjalani perawatan di Biara dalam pengawasan pihak RS Betang Pambelum, 4/6/2020.

Pada Minggu 7/6/2020, bertempatan dengan Hari Raya Tritunggal Maha Kudus, Suster Agnes kembali ke pangkuan Bapa di surga.

Misa Pemakaman dilakukan pada hari Minggu, pkl. 15.00 WIB yang dipimpin oleh Uskup Palangka Raya, Mgr. AM. Sutrisnaatmaka, MSF. Pimpinan Biara Pertapaan ini, Sr. Dorothea Yekti Handayani, OCarm menyampaikan bahwa proses pemakaman tidak melibatkan banyak orang. “Rencana pemakaman pkl. 15.00 WIB untuk kalangan sendiri,”  pesan singkatnya.

Hal tersebut senada dengan pernyataan Pastor Paroki Kasongan, P. Agustinus suyadi, O.Carm, “Dengan tidak mengurangi rasa hormat, kami tidak menerima pelayat dalam proses pemakaman. Kami mohon saudara-saudari sekalian untuk tetap berdoa dari tempat masing-masing,” ujarnya.

Selamat jalan Suster Agnes. Selamat bergabung bersama para Malaikat dan orang Kudus di surga.*

Yoseph Pati Mudaj, MSF

***

MIRIFICA.NET – Ditempat lain kabar duka terdengar, dua orang imam Rm. Agustinus Widodo, Pr Imam Diosesan Keuskupan Surabaya dan Rm. Yuventius Ndito Martawi, Pr Imam Diosesan KAJ turut berpulang dalam damai ke pangkuan Bapa.

Rm. Agustinus Widodo, Pr, Imam Diosesan Keuskupan Surabaya meninggal pada pada tgl 6 Juni 2020, pkl. 12.30 WIB, Misa Requiem akan diadakan pada Hari Minggu, 7 Juni 2020, Pkl 10.00 WIB dan setelah itu jenazah akan diberangkatkan ke PohSarang dan akan dimakamkan di Mausoleum.

Riwayat Pastoral Rm. Agustinus Widodo, Pr :
* Tahun Pastoral di St. Maria Ponorogo (1997)
* Tahun Diakonat di St. Maria Annuntiata, Sidoarjo (2001)
* Paroki St. Yosef, Ngawi (2001-2003)
* Paroki St. Maria Ponorogo (2003)
* Paroki St. Yosef, Mojokerto (2003-2006)
* Paroki St. Maria Tak Bernoda Asal, Tulungagung (2006-2008)
* SKJJ, Mojokerto (2008-2010)
* Paroki St. Vincentius, Kediri (2010-2011)
* Paroki St. Petrus dan Paulus, Rembang (2011-2016)
* Paroki St. Fransiskus Asisi Mojorejo (2016-wafat).

Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon dengan sangat agar para romo dan umat berkenan berdoa dari rumah masing-masing, dan tidak perlu beramai-ramai melayat ke tempat persemayaman atau ke pemakaman, karena tetap harus menjalankan ‘physical distancing’ dan ketentuan PSBB.

Streaming dapat disaksikan melalui Akun YouTube Komsos Keuskupan Surabaya

Rm. Yuventius Ndito Martawi, Pr, Imam Diosesan KAJ lahir di Muntilan, 05 Mei 1957, ditahbiskan pada tahun 1986  dan meninggal pada pada tgl 7 Juni 2020, Pkl. 05.55 wib dalam usia 63 thn. Acara Misa Requiem dan pelepasan jenasah akan dilaksanakan pada Minggu, 7 Juni 2020, Pkl 14.00 WIB.

Sama halnya dengan Keuskupan Surabaya, Keuskupan Agung Jakarta juga menginformasikan bahwa untuk acara penghormatan terakhir dan pemakaman di Selapajang hanya akan dihadiri oleh para Imam Diosesan KAJ dan keluarga Al. Rm. Ndito M, Pr. Bagi Bp/ibu Umat paroki-paroki, dipersilakan mendoakan dari rumah masing-masing, dan dapat mengikuti tayangan pemakamannya melalui :

Streaming melalui link Komsos Bonaventura

Requiem aeternam dona ei, Domine, et lux perpetua luceat ei. Requiescat in pace. Amen.
(Ya Tuhan, berilah dia istirahat kekal, dan sinarilah dia dengan cahaya abadi.
Semoga dia beristirahat dalam damai. Amin.)

Sumber: Rm Didik – IG Komsos Keuskupan Surabaya & Keuskupan Agung Jakarta

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close