HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Sabtu, 13 Juni 2020

Bacaan Pertama: 1Raj 19:19-21

Elisa bersiap-siap lalu mengikuti Elia.

Pada suatu ketika pergilah Elia menemui Elisa, putera Safat, yang sedang membajak dengan dua belas pasang lembu, dan dia sendiri mengendalikan yang kedua belas. Elia lewat di dekatnya dan melemparkan jubah kepadanya. Segera Elisa meninggalkan lembu-lembunya, mengejar Elia dan berkata, “Perkenankanlah aku mencium ayah ibuku, lalu aku akan mengikuti engkau.” Jawab Elia kepadanya, “Baiklah! Pulanglah dahulu,
dan ingatlah apa yang telah kuperbuat kepadamu.”

Elisa lalu meninggalkan Elia, mengambil pasangan lembu itu dan menyembelihnya. Lalu ia memasak dagingnya dengan kayu bajak itu sebagai kayu api, dan memberikan daging itu kepada orang-orangnya, dan mereka pun memakannya. Kemudian bersiaplah Elisa, lalu mengikuti Elia dan menjadi pelayannya.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan Mzm 16:1-2a.5.7-8.9-10 R:5a

Ya Tuhan, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku.

  • Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung. Aku berkata kepada Tuhan, “Engkaulah Tuhanku!
    Ya Tuhan, Engkaulah bagian warisan dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku.
  • Aku memuji Tuhan, yang telah memberi nasihat kepadaku, pada waktu malam aku diajar oleh hati nuraniku. Aku senantiasa memandang kepada Tuhan; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.
  • Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorai, dan tubuhku akan diam dengan tenteram;
    sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.

Bait Pengantar Injil Mzm 119:36a.29b

Condongkanlah hatiku kepada peringatan-peringatan-Mu, dan karuniakanlah hukum-Mu kepadaku.

Bacaan Injil Mat 5:33-37

Aku berkata kepadamu, jangan sekali-kali bersumpah.

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata, “Kalian telah mendengar apa yang disabdakan kepada nenek moyang kita, ‘Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan.’ Tetapi Aku berkata kepadamu, ‘Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Agung. Jangan pula bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun. Jika ya, hendaklah kalian katakan: ya, jika tidak, hendaklah kalian katakan: tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat.

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Siaran langsung sidang sengketa Pilpres 2019 yang lalu menyedot perhatian hampir seluruh rakyat Indonesia. Menarik bahwa dalam sidang itu, seperti biasanya, dihadirkan saksi-saksi untuk mendukung tuduhan-tuduhan pemohon. Para saksi itu pun mengambil sumpah untuk tidak memberikan kesaksian palsu. Namun, dalam kenyataan, tidak jarang ada keterangan palsu yang diberikan para saksi yang sudah bersumpah itu.

Situasi ini mengingatkan kita akan sabda Yesus kepada para murid-Nya di atas bukit. “Katakanlah saja ‘ya’ atau ‘tidak’, selebihnya datang dari si jahat.”

Kejujuran semakin sulit dan mahal di tengah masyarakat bangsa kita. Kejujuran semakin sulit ditanamkan dan dirawat di tengah-tengah hidup keluarga dan komunitas. Karena sepanjang hari anak-anak, kaum muda dan remaja melihat dan mengalami ketidakjujuran yang ada di lingkungan sekitarnya. Sabda Yesus hari ini tidak hanya menantang tapi sekaligus memotivasi kita untuk terus melatih diri untuk bertindak dan berkata jujur sekalipun menyakitkan.

Tuhan Yesus Kristus, terima kasih untuk sabda-Mu hari ini. Semoga Roh-Mu selalu menuntun kami untuk berani berkata dan bertindak secara jujur dan benar. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Pesan Paus Untuk Hari Komunikasi Sedunia ke-54

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close