KATEKESETeladan Kita
Trending

Santa Florentina : 20 Juni

Perayaan Wajib Hati Tersuci Santa Perawan Maria

FLORENTINA adalah saudari dari tiga orang kudus dari Iberia Spanyol yaitu; Santo Leander, Santo Isidorus, dan Santo Fulgentius. Dia lebih muda dari Santo Leander dan Santo Fulgensius, tapi lebih tua dari Santo Isidorus.

Mengikuti teladan saudara-saudaranya, Florentina juga mempersembahkan hidupnya kepada Tuhan. Ia menjalani pola hidup asketis dengan sangat keras dan mengumpulkan para wanita yang tertarik untuk menjalani kehidupan religius lalu membentuk sebuah komunitas biarawati di kota Ecija (Astigis), dimana kakaknya Fulgentius menjadi uskup. Biara itu dikenal dengan nama biara Santa Maria de Valle.

Santa Florentina menulis sendiri peraturan hidup (Regula) para biarawati (“Regula sive Libellus de institutione virginum et de contemptu mundi ad Florentinam sororem”) dimana ia mengatur para biarawati agar menjalani hidup asketis dengan ketat, menghindari interaksi dengan para wanita yang hidup untuk dunia, dan dengan laki-laki, terutama kaum muda; merekomendasikan kesederhanaan dalam pola makan dan minum, memberikan saran mengenai pembacaan dan meditasi pada Kitab Suci, dan memerintahkan untuk saling mengasihi bagi sesama anggota biara, masyarakat dan negara.

Santa Florentina sendiri hidup dengan teladan yang tidak pernah menyimpang dari segala ketetapan yang telah di tulisnya, sehingga para biarawati sangat menghormati dan mencintainya. Ia meninggal dengan tenang di Ecija pada sekitar tahun 636.

Sumber: Katakombe.org

Inspirasimu: Santo Romualdus : 19 Juni

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close