HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Rabu, 08 Juli 2020

Bacaan Pertama: Hos 10:1-3.7-8.12

Sudah waktunya untuk mencari Tuhan.

Israel adalah pohon anggur yang riap tumbuhnya, yang menghasilkan buah. Makin banyak buahnya, makin banyak dibuatnya mezbah-mezbah. Makin baik tanahnya, makin baik dibuatnya tugu-tugu berhala. Hati mereka licik! Sekarang mereka harus menanggung akibat kesalahannya. Tuhan akan menghancurkan mezbah-mezbah mereka, akan meruntuhkan tugu-tugu berhala mereka. Sungguh, sekarang mereka berkata, “Kita tidak mempunyai raja lagi, sebab kita tidak takut kepada Tuhan. Apakah yang dapat dilakukan raja bagi kita?”

Samaria akan dihancurkan; rajanya seperti sepotong ranting yang terapung di air. Bukit-bukit pengurbanan Awen, yakni dosa Israel, akan dimusnahkan. Semak duri dan rumput duri akan tumbuh di atas mezbah-mezbahnya. Dan mereka akan berkata kepada gunung-gunung, “Timbunilah kami!” dan kepada bukit-bukit, “Runtuhlah menimpa kami!”

Maka menaburlah sesuai dengan keadilan, menuailah menurut kasih setia! Bukalah bagimu tanah baru,
sebab sudah waktunya untuk mencari Tuhan, sampai Ia datang dan menghujani kamu dengan keadilan.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan Mzm 105:2-3.4-5.6-7 R:4b

Carilah selalu wajah Tuhan.

  • Bernyanyilah bagi Tuhan, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!
    Bermegahlah dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari Tuhan.
  • Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-Nya dan ketetapan-ketetapan yang diucapkan-Nya,
  • Hai anak cucu Abraham, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, pilihan-Nya! Dialah Tuhan, Allah kita,ketetapan-Nya berlaku di seluruh bumi.

Bait Pengantar Injil Mrk 1:15

Kerajaan Allah sudah dekat; bertobatlah dan percayalah kepada Injil.

Bacaan Injil Mat 10:1-7

Pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

Pada suatu hari Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, dan memberi mereka kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dan melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya; Yakobus, anak Zebedeus dan Yohanes, saudaranya;
Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius, pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus.

Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus, dan Ia berpesan kepada mereka, “Janganlah kalian menyimpang ke jalan bangsa lain, atau masuk ke dalam kota Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang
dari umat Israel. Pergilah dan wartakanlah, ‘Kerajaan Sorga sudah dekat’.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Tuhan memakai gambaran keluarga Hosea untuk menunjukkan keduharkaan Israel yang layak dihukum karena ”persundalannya”. Namun, Allah tetap  menjanjikan keselamatan bagi Israel yang sudah tak setia itu. Allah setia akan janji-Nya yang pernah diucapkan-Nya dan berbanding terbalik dengan perbuatan Israel. Ternyata Tuhanlah yang mampu memutuskan belenggu umat-Nya (bdk. Mzm. 105:3).

Tuhan yang tak membiarkan umat-Nya ”terbelenggu” oleh kelemahan dan dosa, hadir dalam diri Yesus yang memanggil dan mengutus murid-murid-Nya: menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, mentahirkan orang kusta, mengusir setan. Karena para rasul telah menerima dengan cuma-cuma mesti juga berbuat hal sama demi hadirnya Kerajaan Allah. Kuasa itu diberikan Yesus kepada rasul-rasul-Nya. Mereka menerima dengan cuma-cuma karena itu diundang berbuat yang sama juga.

Tuhan Mahakuasa, mampukan kami untuk berbuat sekecil apa pun untuk kemuliaan nama-Mu dan kebaikan sesama kami. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin
Ziarah Batin Cover

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Minggu, 05 Juli 2020

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close