HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Kamis, 09 Juli 2020

Bacaan Pertama: Hos 11:1b.3-4.8c-9

Hatiku berbalik dari segala murka.

Beginilah sabda Tuhan, “Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir anak itu Kupanggil. Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkatnya di tangan-Ku, tetapi mereka tidak mau insaf, bahwa Aku menyembuhkan mereka. Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kekang dari rahang mereka, yang membungkuk di hadapan mereka untuk memberi makan.

Aku berbalik dari segala murka. Belas kasihan-Ku bangkit serentak. Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala, tidak akan membinasakan Efraim lagi. Sebab Aku ini Allah, dan bukan manusia, Aku ini Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan Mzm 80:2ac.3b.15-16 R:4b

Tunjukkanlah seri wajah-Mu, ya Tuhan, maka selamatlah kami.

  • Hai gembala Israel, pasanglah telingamu, Engkau yang duduk di atas para kerub, tampillah bersinar.
    Bangkitkanlah keperkasaan-Mu dan datanglah menyelamatkan kami.
  • Ya Allah semesta alam, kembalilah, pandanglah dari langit, dan lihatlah! Tengoklah pohon anggur ini, lindungi batang yang ditanam oleh tangan kanan-Mu!

Bait Pengantar Injil Mrk 1:15

Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil.

Bacaan Injil Mat 10:7-15

Kalian telah memperoleh dengan cuma-cuma, maka berilah pula dengan cuma-cuma.

Pada waktu itu Yesus bersabda kepada kedua-belas murid-Nya, “Pergilah dan wartakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan.
Kalian telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. Janganlah kalian membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kalian membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kalian membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

Apabila kalian masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak, dan tinggallah padanya sampai kalian berangkat. Apabila kalian masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke kepadanya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.

Dan apabila seorang tidak menerima kalian dan tidak mendengarkan perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu, dan kebaskanlah debunya dari kakimu. Aku berkata kepadamu: Sungguh, pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Kasih Tuhan nyata dan berkelimpahan. Namun, sering kali pepatah tua ini terjadi: Air susu dibalas air tuba. ”Kedegilan hati Israel yang layak diganjari dengan ”hukuman” itu malah oleh Allah diluputkan dari kemurkaan-Nya. Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku bangkit serentak (Hos 11:8). Ia tidak seperti manusia yang sering bertidak ”balas-dendam”, namun Ia datang bukan untuk ”menghanguskan” (Hos. 11:9). Mazmur 80 menyuarakan suara Israel agar Allah mengindahkan ”kebun anggur-Nya”, merindukan keselamatan itu.

Yesus menyadari akan ”kebun anggur”, Israel yang perlu diselamatkan itu, maka ia mengutus kedua belas rasul (simbol 12 suku Israel) kepada domba-domba yang hilang dari umat Isarel. Karena pertobatan merekalah yang menjadi syarat hadirnya Kerajaan Allah, di mana Allah meraja dan menjadi hakimnya. Mengandalkan Tuhan merupakan syarat perutusan bagi mereka yang memberikan kesaksian. Tuhanlah jaminan satu-satunya keselamatan bagi Israel.

Tuhan, mampukan kami untuk menghargai segala kebaikan yang kami terima dari Engkau dan sesama. Sadarkan kami juga betapa agungnya rencanan-Mu bagi kami, ciptaan-Mu. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin
Ziarah Batin Cover

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Minggu, 05 Juli 2020

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close