HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Senin, 24 Agustus 2020

Bacaan Pertama: Why 21:9b-14

Di atas dua belas batu dasar tertulis nama kedua belas rasul Anak Domba.

Aku, Yohanes, mendengar seorang malaikat berkata kepadaku, “Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba.” Lalu, di dalam roh aku dibawanya ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi, dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus, Yerusalem, turun dari surga, dari Allah. Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah, dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah,
bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal. Temboknya besar lagi tinggi, pintu gerbangnya dua belas buah.
Di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat, dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.
Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang, di sebelah utara tiga pintu gerbang, di sebelah selatan tiga pintu gerbang, dan di sebelah barat tiga pintu gerbang. Tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar, dan di atasnya tertulis nama kedua belas rasul Anak Domba.”

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan: Mzm 145:10-11.12-13ab.17-18 R:12

Para kudus-Mu, ya Tuhan, memaklumkan Kerajaan-Mu yang semarak mulia.

  • Segala yang Kaujadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.
  • Mereka memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan memaklumkan kerajaan-Mu yang semarak mulia. Kerajaan-Mu ialah kerajaan abadi, pemerintahan-Mu lestari melalui segala keturunan.
  • Tuhan itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya. Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.

Bait Pengantar Injil: Yoh 1:49b

Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!

Bacaan Injil: Yoh 1:45-51

Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya.

Sekali peristiwa, Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya, “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Kata Natanael kepadanya, “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Kata Filipus kepadanya, “Mari dan lihatlah!”

Melihat Natanael datang kepada-Nya, Yesus berkata tentang dia, “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada Yesus, “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya, “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya, “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya, “Karena Aku berkata kepadamu ‘Aku melihat engkau di bawah pohon ara’, maka engkau percaya? Hal-hal yang lebih besar daripada itu akan engkau lihat!” Lalu kata Yesus kepadanya, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka, dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

”Mari dan lihatlah!” Kalimat ini merupakan sebuah ajakan yang ramah terhadap orang yang belum mengenal atau bahkan tidak percaya Kristus. Pengalaman Natanael (Bartolomeus) yang kita rayakan pestanya hari ini bisa jadi sama atau menjadi pengalaman kita semua. Dia belum mengenal Yesus. Filipus yang membawanya kepada Yesus menjadi penghubung yang baik. Tak usah banyak omong yang penting bertemu dengan Yesus sendiri. Ternyata ajakan Filipus yang ramah ‘mari dan lihatlah’ menjadi pintu masuk iman dalam diri Natanael. Dia menjadi percaya bukan karena keramahan Filipus, tetapi karena Tuhan Yesus sudah melihat dia di bawah pohon ara sebelum datang kepada-Nya. ‘Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya.’ Bagi orang Israel jelaslah tanda seperti itu sangat penting dan meyakinkan. “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orangYahudi.”

Di zaman sekarang sulit meyakinkan orang perihal iman kepercayaan. Banyak orang yang selalu menuntut bukti yang meyakinkan. Padahal kita sadar bahwa kepercayaan bukanlah soal bukti, tetapi soal penyerahan. Kita semua belum pernah melihat Tuhan, tetapi sesungguhnya setia detik kita menikmat rahmat yang dari pada-Nya. Maka marilah sebagai orang yang beriman kita berusaha untuk semakin percaya dan mau berserah diri secara total kepada Tuhan dan kehendak-Nya.

Ya Tuhan Allah, curahkanlah Roh Kudus-Mu selalu atas diri kami, supaya kami semakin beriman pada-Mu dan semakin taat pada kehendak-Mu. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin
Ziarah Batin Cover

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Ulasan Eksegetis Bacaan Kitab Suci Minggu XXI

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close