HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Kamis, 27 Agustus 2020

Bacaan Pertama: 1Kor 1:1-9

Di dalam Kristus kalian telah menjadi kaya dalam segala hal.

Dari Paulus yang oleh kehendak Allah dipanggil menjadi rasul Kristus Yesus, dan dari Sostenes, saudara kita,
kepada jemaat Allah di Korintus, yaitu mereka yang dikuduskan dalam Kristus Yesus dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus, serta kepada saudara sekalian di mana pun, yang berseru kepada nama Yesus Kristus, Tuhan mereka dan Tuhan kita. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kalian. Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kalian, atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kalian dalam Kristus Yesus. Sebab di dalam Kristus kalian telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus yang telah diteguhkan di antara kalian, sehingga kalian tidak kekurangan dalam suatu karunia pun sementara kalian menantikan penampakan Tuhan kita Yesus Kristus. Dia juga akan meneguhkan kalian sampai kesudahannya, sehingga kalian tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus. Sebab setialah Allah yang telah memanggil kalian kepada persekutuan dengan Putera-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan: Mzm 145:2-3.4-5.6-7 R:1

Aku hendak memuji nama-Mu selama-lamanya, ya Allah Rajaku.

  • Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan memuliakan nama-Mu untuk selama-lamanya. Besarlah Tuhan dan sangat terpuji; kebesaran-Nya tidak terselami.
  • Angkatan demi angkatan akan memegahkan karya-karya-Mu, dan akan memberitakan keperkasaan-Mu. Semarak kemuliaan-Mu yang agung akan kukidungkan, dan karya-karya-Mu yang ajaib akan kunyanyikan.
  • Kekuatan karya-karya-Mu yang dahsyat akan dimaklumkan, dan kebesaran-Mu hendak kuceritakan. Kenangan akan besarnya kebaikan-Mu akan dimasyhurkan, orang akan bersorak-sorai tentang keadilan-Mu.

Bait Pengantar Injil: Mat 24:42a.44

Berjaga-jaga dan bersiap-siaplah, sebab kalian tidak tahu bilamana Anak Manusia datang.

Bacaan Injil: Mat 24:42-51

“Hendaknya kalian selalu siap siaga.”

Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Berjaga-jagalah, sebab kalian tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pencuri datang waktu malam, Sebab itu hendaklah kalian selalu siap siaga, sebab Anak Manusia datang pada saat yang tidak kalian duga.”

Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberi makan kepada mereka pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya sedang melakukan tugasnya itu, ketika tuannya datang. Aku berkata kepadamu: Sungguh, tuan itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.

Akan tetapi jika hamba itu jahat, dan berkata di dalam hatinya, ‘Tuanku tidak datang-datang,’ lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama para pemabuk, maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak ia sangka, dan pada saat yang tidak ia ketahui. Maka hamba itu akan dibunuhnya dan dibuatnya senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertak gigi.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Kita bisa bersikap apa saja dalam menghadapi masa depan. Tetapi sebagaimana para murid Yesus, kita diarahkan ke masa depan dengan kesiapsiagaan. Masa depan menyimpan banyak kemungkinan dan kesempatan untuk memilih. Maka hanya orang yang selalu siap siaga yang mampu memilih manakah yang penting dalam kehidupan mereka selanjutnya. Kesiapsiagaan itu dihubungkan dengan kedatangan Kristus yang tak terduga. Maka kita tidak boleh terjebak pada sikap acuh tak acuh yang akan menghancurkan kemungkinan dan kesempatan berkembang.

Maka dari itu, hanya yang mampu menjadi hamba yang berjaga dan siap siaga menghadapi apa saja yang tak terduga yang akan menemukan kekayaan istimewa pada tawaran kasih Kristus. Kiranya orang seperti itu yang pantas menjadi orang kepercayaan. Kita bisa bertanya terhadap diri kita sendiri, apakah kita sudah pantas disebut hamba yang setia sebagai orang beriman? Kalau belum, apa yang menjadi penyebabnya? Mampukah kita mengatasinya? Sejauh mana kita memberikan ruang leluasa bagi rahmat Tuhan untuk berperan dalam hidup kita?

Ya Tuhan Allah, sadarkanlah kami untuk siap siaga dalam hidup ini dan arahkanlah hati kami pada apa yang perlu  kami siapkan sebagai orang beriman. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin
Ziarah Batin Cover

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Ulasan Eksegetis Bacaan Kitab Suci Minggu XXI

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

8 Comments

  1. Mohon maaf.. bacaan injil matius 24: 42_51.seharusnya bukan sabda celaka.. kenapa antara judul dengan isi tidak nyambung? mohon di lihat kembali🙏Tuhan Yesus memberkati.😇

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close