BERITA
Trending

Ziarah Batin 2021 – Renungan dan Kepedulian di Tengah Pandemi

MIRIFICA.NET – Senin, 14 September 2020, DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), untuk keduakalinya. Bersamaan dengan itu Penerbit OBOR, secara live streaming melalui YouTube Obormedia dan aplikasi Zoom meluncurkan Buku Ziarah Batin 2021. Ini merupakan Ziarah Batin ke 26, sejak terbit perdana tahun 1995 (Ziarah Batin 1996).

Ziarah Batin 2021 diluncurkan di Lantai 1, Toko Rohani OBOR, Jl. Gunung Sahari No 91, Jakarta Pusat, oleh Rama Frans Sutanto, Direktur OBOR bersama manajer dan staf penerbit, tanpa dihadiri undangan.

Ziarah Batin merupakan buku Renungan dan Catatan Harian Sepanjang Tahun, berdasarkan penanggalan liturgi resmi Gereja Katolik Indonesia. Buku ini tidak menggantikan peran Alkitab namun sebagai pendamping, karena tidak memuat kutipan seluruh Alkitab dan TPE. Sebagai umat Katolik, kita diharapkan menyadari pentingnya membaca Alkitab. Ziarah Batin juga dilengkapi dengan penanggalan liturgi yang bisa dijadikan panduan untuk mencari ayat-ayat dalam Alkitab, sehingga sebagai umat Katolik, kita menjadi terbiasa membuka Alkitab.

Bacaan, Bacaan Kitab Suci, bait allah, Firman Tuhan, iman, Kitab Suci, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Yesus Juruselamat, penyejuk iman, Ziarah Batin 2021, OBOR, Obormedia, Toko Rohani OBOR, Pewarta Iman, Katekese, Katolik, Iman Katolik, Paus Fransiskus, ensiklik Laudato Si, renungan harian, Bacaan, Mazmur Tanggapan, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, pewartaan, Umat Katolik
Dok: OBOR

Satu buku renungan Ziarah Batin digunakan untuk satu tahun. Selaras dengan ajaran Bapa Suci Paus Fransiskus dalam ensiklik Laudato Si, tidak menggunakan terlalu banyak kertas untuk membuat buku renungan harian, sehingga tidak menebang terlalu banyak pohon sebagai bahan baku membuat kertas.

Ziarah Batin dapat digunakan oleh individu maupun kelompok. Bisa dijadikan panduan dalam memimpin renungan dalam doa lingkungan, sekolah, ataupun komunitas-komunitas lainnya.

Selama ini OBOR menyisihkan sebanyak 2000 eksemplar Ziarah Batin pada tiap tahunnya, untuk dibagikan secara gratis ke para Ketekis (Pewarta Iman), di paroki-paroki pedalaman di 20 Keuskupan di Luar Pulau Jawa. Masing-masing keuskupan sebanyak 100 eksemplar. Jumlah tersebut dirasa masih jauh dari cukup, mengingat banyaknya Ketekis di paroki pedalaman di Indonesia.

Untuk itulah OBOR, mengetuk hati para Dermawan Indonesia, sekiranya bisa berbagi ke para Katekis kita di pedalaman, agar mereka bisa diperkaya dengan bahan bacaan dalam berkarya. Siapa pun, dengan jumlah berapa pun bisa berbagi, agar semakin banyak Ziarah Batin didistribusikan ke para Ketekis kita di pedalaman yang sangat membutuhkan bahan bacaan. Kami siap untuk dikontak setiap saat melalui 0821 1415 6000 (OBOR) atau 0819 0550 9134 (Christiana); atau (021) 4222396.

Bacaan, Bacaan Kitab Suci, bait allah, Firman Tuhan, iman, Kitab Suci, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, Yesus Juruselamat, penyejuk iman, Ziarah Batin 2021, OBOR, Obormedia, Toko Rohani OBOR, Pewarta Iman, Katekese, Katolik, Iman Katolik, Paus Fransiskus, ensiklik Laudato Si, renungan harian, Bacaan, Mazmur Tanggapan, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, pewartaan, Umat Katolik

Buku Ziarah Batin selalu rutin diluncurkan tiap tanggal 14 September, mengingat bulan September merupakan Bulan Kitab Suci bagi Gereja katolik Indonesia. Tanggal 14 September juga Hari Raya Salib Suci dalam tradisi Katolik. Ziarah Batin 2021 yang didukung oleh 12 Imam sebagai penulis renungan; tetap bekerjasama dengan Stella Kwarta Tour & Travel dan Renata Tour & Travel. Para pemenang Tanda Kasih Ziarah Batin, akan diikutkan program ziarah ke Tanah Suci, yang diselenggarakan oleh Stella Kwarta dan Renata.

Sejak diluncurkan tanggal 14 September 2020, buku Ziarah Batin 2021 sudah bisa dibeli di Toko-toko Paroki, atau Distributor Ziarah Batin di seluruh Indonesia. Selain itu Ziarah Batin tetap bisa dibeli secara online lewat Obormedia https://obormedia.com/. F.Rahardi.

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close