HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Kamis, 08 Oktober 2020

Bacaan Pertama: Gal 3:1-5

Adakah kalian menerima Roh karena melakukan hukum atau karena percaya akan pewartaan Injil?

Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kalian? Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan jelas di depanmu? Hanya ini yang ingin kuketahui daripadamu: Adakah kalian menerima Roh karena melakukan hukum Taurat? atau karena percaya kepada pewartaan Injil? Adakah kalian sebodoh itu? Kalian telah mulai dengan Roh, maukah sekarang kalian mengakhirinya dalam daging? Sia-siakah semua yang telah kalian alami sebanyak itu? Masakan sia-sia! Jadi bagaimana sekarang? Tuhan telah menganugerahi kalian Roh dengan berlimpah-limpah dan Ia telah melakukan mujizat di antara kalian; apakah Ia berbuat demikian karena kalian melakukan hukum Taurat, atau karena kalian percaya kepada pewartaan Injil?

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan: Luk 1:69-70.71-72.73-75 R:68

Terpujilah Tuhan Allah Israel, sebab Ia mengunjungi umat-Nya.

  • Tuhan menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya; seperti yang difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus.
  • Ia melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua lawan yang membenci kita, untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita dan mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus.
  • Sumpah telah diucapkan-Nya kepada Abraham bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita.

Bait Pengantar Injil: Kis 16:14b

Tuhan, bukalah hati kami, supaya kami memperhatikan sabda Anak-Mu.

Bacaan Injil: Luk 11:5-13

Mintalah, maka kalian akan diberi.

Pada waktu itu, sesudah mengajar para murid berdoa, Yesus bersabda kepada mereka, “Jika di antara kalian ada yang tengah malam pergi ke rumah seorang sahabat dan berkata kepadanya, ‘Saudara, pinjamkanlah aku tiga buah roti, sebab seorang sahabatku dalam perjalanan singgah di rumahku, dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya;’ masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab, ‘Jangan mengganggu aku; pintu sudah tertutup, dan aku serta anak-anakku sudah tidur. Aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepadamu.’

Aku berkata kepadamu: Sekalipun dia tidak mau bangun dan tidak mau memberikan sesuatu meskipun ia itu sahabatnya, namun karena sikap sahabatnya yang tidak malu-malu itu, pasti ia akan bangun dan memberikan apa yang dia diperlukan.

Oleh karena itu Aku berkata kepadamu, mintalah, maka kamu akan diberi; carilah, maka kamu akan mendapat;
ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, akan menerima; dan setiap orang yang mencari, akan mendapat, dan setiap orang yang mengetuk, akan dibukakan pintu. Bapa manakah di antara kalian, yang memberi anaknya sebuah batu, kalau anak itu minta roti? Atau seekor ular, kalau anaknya minta ikan? Atau kalajengking, kalau yang diminta telur? Jika kalian yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anakmu, betapa pula Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada siapa pun yang meminta kepada-Nya.”

Demikianlah Injil Tuhan

Renungan

Injil hari ini semakin meyakinkan kita bahwa Allah amat mencintai kita. Ia selalu mendampingi perjalanan hidup kita dan memperhatikan berbagai hal yang kita butuhkan. Meskipun begitu, kita juga diajak untuk aktif berusaha, bekerja keras, dan tidak hanya menunggu sambil berpangku tangan. Kita diharapkan setiap hari bekerja sama dengan Allah. Allah mencipta kita disertai dengan akal budi, kebebasan, dan hati nurani, kemampuan, bakat sebagai modal bagi kita untuk bekerja dan mengembangkan kreativitas  dengan tetap bersandar pada kuasa Allah.

Karya-karya Tuhan akan nyata dalam hidup kita. Hal itu terwujud jika kita juga  mau membuka diri untuk berdoa, melakukan setiap pekerjaan dengan  penuh tanggung jawab, rendah hati,  selalu percaya akan kuasa Tuhan, tetap bertahan dalam kebaikan ketika kita  menghadapi situasi yang amat sulit, bahkan saat berada dalam tekanan. Allah senantisa memperhatikan segala daya upaya kita seperti yang Ia katakan “…karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan”.

Allah Yang Mahabaik, semoga kami mampu menjadi pribadi-pribadi yang giat dalam bekerja dengan memberdayakan berbagai kemampuan yang telah Engkau anugerahkan  kepada kami dan senantiasa bersandar pada kuasa-Mu. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin
Ziarah Batin Cover

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Kamis, 07 Oktober 2020

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close