HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Sabtu, 10 Oktober 2020

Bacaan Pertama: Gal 3:22-29

Kalian adalah anak-anak Allah berkat iman.

Saudara-saudara, menurut Kitab Suci segala sesuatu yang terkurung di bawah kuasa dosa, supaya berkat iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya. Sebelum iman itu datang, kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu dinyatakan. Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman. Sekarang iman itu telah datang.
Karena itu kita tidak lagi berada di bawah pengawasan penuntun. Sebab kalian adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus. Sebab kalian semua yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.
Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada pria atau wanita, karena kalian semua adalah satu di dalam Kristus Yesus. Jadi kalau kalian milik Kristus, maka kalian juga keturunan Abraham, dan berhak menerima janji Allah.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan: Mzm 105:2-3.4-5.6-7 R:8a

Tuhan selalu ingat akan perjanjian-Nya.

  • Bernyanyilah bagi Tuhan, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!
    Bermegahlah di dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari Tuhan.
  • Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat dan ketetapan-ketetapan yang diucapkan-Nya,
  • Hai anak cucu Abraham, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, pilihan-Nya! Dialah Tuhan, Allah kita, ketetapan-Nya berlaku di seluruh bumi.

Bait Pengantar Injil: Luk 11:28

Berbahagialah yang mendengarkan sabda Tuhan dan memeliharanya.

Bacaan Injil: Luk 11:27-28

Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau!

Pada suatu hari, Ketika Yesus sedang berbicara kepada orang banyak, berserulah seorang wanita dari antara orang banyak itu, dan berkata kepada Yesus, “Berbahagialah ibu yang telah mengandung dan menyusui Engkau!”

Tetapi Yesus bersabda, “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan sabda Allah dan memeliharanya.”

Demikianlah Injil Tuhan

Renungan

Salah satu hal yang dicari orang dalam hidup ini adalah kebahagiaan dan orang bisa melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kebahagiaan itu. Sebagai orang beriman, kita berharap  bisa hidup bahagia dan Injil hari ini mengatakan kepada kita bahwa jika kita ingin   bahagia maka kita harus mendengarkan firman Allah dan memeliharanya.

Mendengarkan dan memelihara firman Tuhan berarti kita diajak untuk menerima, meresapkan, dan menghidupi firman Tuhan itu dalam kehidupan harian kita. Mendengarkan dan memelihara firman Tuhan akan memampukan kita untuk selalu hidup dalam kebenaran, kejujuran, keadilan, kebaikan,  dan kerendahan hati.

Ketika kita hidup berlandaskan firman Tuhan,  maka  hidup kita akan tenang, damai, penuh pengharapan, dan mampu mengatasi berbagai permasalahan dengan cara yang baik dan benar. Kebahagiaan hidup kita, bukan terutama terletak pada seberapa banyak harta yang kita miliki  dan setinggi apa jabatan yang kita raih, melainkan sejauh mana kita mampu menjadi pelaku-pelaku firman Tuhan. Menjadi pelaku firman Tuhan berarti kita mau dipakai oleh Allah untuk menjadi saluran warta gembira dan berkat kepada sesama di lingkungan keluarga, sekolah, kantor, masyarakat, dan di mana saja kita berada..

Allah Yang Mahaadil, semoga kami selalu membuka hati dan telinga kami untuk  mendengarkan firman-Mu  dan melaksanakannya dalam kehidupan keluarga, kerja, dan pelayanan kami. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin
Ziarah Batin Cover

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Jumat, 09 Oktober 2020

 

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close