HarianJendela Alkitab
Trending

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Selasa, 13 Oktober 2020

Bacaan Pertama: Gal 4:31b-5:6

Sunat tidak berarti sama sekali; yang berarti hanyalah iman yang bekerja melalui cinta kasih.

Saudara-saudara, kita bukanlah anak dari wanita hamba, melainkan dari wanita yang merdeka. Sebab Kristus telah memerdekakan kita, supaya kita benar-benar merdeka. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau tunduk lagi di bawah kuk perhambaan. Sesungguhnya aku, Paulus, berkata kepadamu, Jika kalian menyunatkan diri,
Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu. Sekali lagi kukatakan kepada setiap orang yang menyunatkan dirinya, bahwa ia wajib melakukan seluruh hukum Taurat. Kalian lepas dari Kristus, jika kalian mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kalian hidup di luar kasih karunia! Sebab oleh Roh dan karena iman, kita menantikan kebenaran yang kita harapkan. Sebab bagi orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat sama sekali tidak mempunyai arti. Yang berarti hanyalah iman yang bekerja oleh kasih.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan: Mzm 119:41.43.44.45.47.48 R:41a

Semoga kasih setia-Mu mendatangi aku, ya Tuhan.

  • Kiranya kasih setia-Mu mendatangi aku, ya Tuhan, keselamatan dari pada-Mu itu sesuai dengan janji-Mu,
  • Janganlah sekali-kali mencabut firman kebenaran dari mulutku, sebab aku berharap kepada hukum-hukum-Mu.
  • Aku hendak berpegang pada Taurat-Mu senantiasa, untuk seterusnya dan selamanya.
  • Aku hendak hidup dalam kelegaan, sebab aku mencari titah-titah-Mu.
  • Aku hendak bergembira dalam perintah-perintah-Mu yang kucintai itu.
  • Aku menaikkan tanganku kepada perintah-perintah-Mu yang kucintai, dan aku hendak merenungkan ketetapan-ketetapan-Mu.

Bait Pengantar Injil: Ibr 4:12

Sabda Allah itu hidup dan penuh daya, menguji segala pikiran dan maksud hati.

Bacaan Injil: Luk 11:37-41

Berikanlah sedekah dan semuanya menjadi bersih.

Pada suatu ketika, selesai mengajar, Yesus diundang seorang Farisi untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Yesus ke rumah itu, lalu duduk makan. Tetapi orang Farisi itu heran melihat Yesus tidak mencuci tangan sebelum makan. Lalu Tuhan berkata kepadanya, “Hai orang-orang Farisi, kamu membersihkan cawan dan pinggan bagian luar, tetapi bagian dalam dirimu penuh rampasan dan kejahatan. Hai orang-orang bodoh,
bukankah yang menjadikan bagian luar, Dialah juga yang menjadikan bagian dalam? Maka berikanlah isinya sebagai sedekah, dan semuanya akan menjadi bersih bagimu.

Demikianlah Injil Tuhan

Renungan

Pada hari ini  Yesus mengajak kita untuk tidak seperti orang-orang Farisi yang munafik. Orang Farisi sering menampilkan diri  sebagai orang-orang yang religius, santun, dan agamis, tetapi jiwa dan perilakunya  sangat berbeda, bahkan bertolak belakang dengan apa yang ditampilkan. Oleh karena itu,  Yesus mengatakan “…kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan”. Mereka sengaja menampilkan diri seolah-olah baik dan peduli  agar mereka mendapatkan pujian, penghargaan, dan bahkan keuntungan tertentu.

Kritikan pedas yang dialamatkan kepada orang Farisi itu juga dialamatkan kepada kita. Pasalnya, akui atau tidak, kita sering melakukan seperti orang-orang Farisi. Kita suka melakukan sesuatu hanya untuk mendapat pengakuan dan penghargaan yang baik dari orang-orang yang ada di sekitar kita. Atau kita berdoa hanya untuk dilihat orang, bukan lahir dari kesadaran yang mendalam. Sebagai anak-anak Tuhan kita diajak untuk menjadi pribadi yang  jujur. Artinya, hidup apa adanya tanpa harus dibuat-buat; bukan untuk mengesani orang lain. Mari kita berusaha menjadi pribadi-pribadi yang tulus dan jujur.

Allah Yang  Maharahim, semoga kami berani menjadi pribadi yang jujur dan rendah hati  dalam kehidupan harian kami. Amin.

02 Januari, Bacaan, bacaan kitab suci hari ini, Injil hari ini, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, misa natal, natal, penyejuk iman, refleksi harian, Renungan hari minggu, renungan harian, renungan harian katolik, sabda tuhan, ziarah batin
Ziarah Batin Cover

 

Sumber: Renungan Ziarah Batin 2020, Penerbit OBOR

Inspirasimu: Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Senin, 12 Oktober 2020

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close